Kesehatan Mental : Penyebab dan Gejala Pskosis

Kesehatan —Senin, 15 Nov 2021 13:37
    Bagikan  
Kesehatan Mental : Penyebab dan Gejala Pskosis
ilustrasi halusinasi/pint

POSTMALANG

Apa itu psikosis?

Psikosis adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat membedakan apa yang menjadi nyata atau kenyataan dan halusinasi atau pun delusi. Kondisi itu menyebabkan seseorang terpisah dari kenyataan dan halusinasi. Seseorang dengan penderita gangguan jiwa psikosis ini biasanya terjebak antara kenyataan dan halusinasi yang bisa saja ia buat sendiri.

Beberapa gangguan jiwa yang memiliki gejala seperti psikosis adalah :

  • Skizofenia

Skizofenia adalah gangguan mental yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari seperti perilaku, emosi, dan komunikasi. Penderita skizofenia ini juga memiliki gangguan berhalusinasi, delusi dan perubahan pola pikir.

  • Gangguan Delusional

Delusional atau waham adalah sebuah gangguan mental yang membuat penderitanya sulit membedakan mana yang sebuah kenyataan mana yang hanya halusinasi atau imajinasi.

  • Gangguan Bipolar

Gangguan Bipolar adalah sebuah gangguan mental yang mempengaruhi emosional penderitanya. Seseorang yang memiliki gangguan bipolar memiliki dua masa emosi yang drastis, yaitu mania dan depresif.

Mania adalah keadaan dimana penderita bipolar memiliki energi yang tinggi untuk melakukan aktivitas, biasanya energi ini bersifat berlebihan sehingga penderita bahkan sulit untuk tidur. Beberapa penderita bahkan tidak tidur selama beberapa hari.

Depresif adalah keadaan dimana penderita memiliki suasana hati yang buruk. Ia bahkan tidak memiliki energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Minat terhadap apa yang biasanya disukai pun menghilang. Berbeda dengan mania yang bisa tidak tidur berhari-hari, saat berada di fase depresif ini penderita bisa tidur selama berhari-hari tanpa melakukan aktivitas lain.

Baca juga: Launching Ipekmi Sayati Fair (ISF) Demi Membantu Para UMKM, dengan Tema BERSATU, BANGKIT dan TUMBUH.

Baca juga: Menikmati Keindahan Candi Ratu Boko Yogyakarta

  • Psikosis akibat obat

Obat memiliki beberapa zat kimia yang bisa mengakibatkan delusi yang berlebihan. Psikosis akibat obat ini biasanya berhenti ketika efek dari obat tersebut habis.

  • Psikosis Organik

Psikosis organik adalah ketika terjadi suatu kerusakan pada otak yang menyebabkan delusi atau halusinasi berlebihan. Psikosis ini terjadi karena adanya luka parah di kepala atau sakit fisik.

  • Gangguan Psikotik singkat

Gangguan psikosik singkat adalah ketika seseorang mengalami kejadian yang besar dalam hidupnya mengakibatkan stress. Seperti kecelakaan, perceraiian, atau pun kehilangan pekerjaannya. Biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

Gejala

Beberapa penderita gangguan psikosis mengalami gejala-gejala seperti berikut :

  • Melihat atau mendengar sesuatu yang tidak ada
  • Khawatir secara berlebihan dengan alasan yang tidak jelas
  • Merasa selalu diawasi. Beberapa bahkan selalu merasa akan ada yang menyakiti mereka
  • Merasa depresi
  • Mempunyai emosi yang tidka normal
  • Tidak pedulu akan penampilan dan kebersihan mereka
  • Lebih suka sendirian. Beberapa bahkan berusaha untuk tidak bersosialisasi/

Itu dia beberapa gejala yang dirasakan oleh seseorang yang memiliki gangguan mental psikosis. Gangguan pada kesehatan mental ini tidak dapat diprediksi oleh diri sendiri. Jika Anda atau seseorang disekitar Anda memiliki gejala seperti yang sudah dipaparkan di atas, ada baiknya hubungi psikolog atau psikiater terdekat./Reg.

Baca juga: Wisata Taman Bougenville Bandung, Tempat Sejuk dan Indah di Kaki Gunung

Baca juga: KOMISI Menggelar Seminar Online MAREMA dalam Rangka Rayakan HARSINDO


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait