Beberapa Jenis Upacara dan Pameran Yang Ada Dalam Festival Erau

Wisata —Selasa, 26 Oct 2021 13:17
    Bagikan  
Beberapa Jenis Upacara dan Pameran Yang Ada Dalam Festival Erau
Beberapa Jenis Upacara dan Pameran Yang Ada Dalam Festival Erau/Pinterest

POSTMALANG

Oke, kawan Post. Kembali lagi di Postmalang, dan kali ini kami akan mengulas tentang Festival Erau. Apa itu Festival Erau? Festival Erau adalah festival tahunan kebanggaan masyarakat Kutai, Kalimantan Timur. Dilansir di berbagai artikel, dahulu Festival Erau memang acara kebudayaan yang di sakralkan oleh masyarakat Kalimantan. Namun kali ini Festival Erau sudah tidak di kaitkan lagi dengan kebudayaan, malah menjadi kebanggan pariwisata Nasional.

 

Baca juga: Ulasan Sepintas Museum Ullen Sentalu

Baca juga: Resep Khas Babat Gongso Semarang


Awal mula Festival Erau digelar yaitu, saat Raja Kutai Kartanegara pertama, Aji Batara Agung Dewa Sakti berusia 5 tahun. Dan pada saat itu, festival digelar hanya untuk merayakan upacara tijak tanah dan mandi ke tepian. Lalu Upacara Erau pun kembali digelar, pada saat penobatan Aji Batara Agung sebagai raja yang memerintah pada 1300 sampai 1325. Sejak itu, Upacara Erau selalu diadakan setiap terjadi pergantian atau penobatan Raja-Raja Kutai Kartanegara.

 

Erau sendiri berasal dari bahasa lokal/daerah etnis Kutai, biasa disebut EROH yang berarti ramai, hilir mudik, bergembira, berpesta ria. Erau dilaksanakan secara adat oleh Kesultanan atau kerabat kerajaan dengan maksud tertentu dan diikuti oleh seluruh masyarakat umum dalam wilayah administratif kesultanan.

 

Dan ini beberapa upacara adat yang biasa diadakan dalam Festival Erau adalah :

 

- Upacara Adat Beluluh Sultan

- Upacara Menjamu Benua

- Upacara Adat Merangin

- Upacara Adat Mendirikan Ayu

- Upacara Adat Bepelas


Baca juga: Es Soda Gembira Bikin Hati Riang

Baca juga: Resep Jitu Tahu Gimbal Makanan Khas Kota Semarang

 

Festival Erau ini biasa diramaikan oleh delegasi 6 Negara seperti, Hungaria, India, Meksiko, Polandia, Rumania dan turki serta 78 Grup Kesenian Dari Nusantara, dan ini berlangsung apik dengan menyajikan perpaduan adat kesultanan Kutai dengan Kesenian mancanegara. Festival ini juga disemarakkan dengan beberapa kegiatan seperti :

 

- Pameran Erau Expo

- Pentas Seni International

- Perlombaan perahu ketinting

- Festival kuliner

- Cultural Visit

- Beberapa upacara adat kutai kartanegara.


Begitulah Festival Erau yang selalu di nanti oleh masyarakat lokal, Nasional juga Dunia. Dan kawan Post jangan khawatir jika memang penasaran dan ingin melihat langsung, karena pasti diadakan kembali kawan. (KK)


Editor: Syahrul
    Bagikan  

Berita Terkait