Mengenang Jasa Pahlawan Melalui Tugu Muda Semarang

Wisata —Kamis, 28 Oct 2021 19:03
    Bagikan  
Mengenang Jasa Pahlawan Melalui Tugu Muda Semarang
Mengenang Jasa Pahlawan Melalui Tugu Muda Semarang/Pinterest

POSTMALANG



Dilansir dari mataJateng, Semarang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan ragam budaya nya yang masih kental hingga saat ini. Tidak hanya kebudayaannya saja, Semarang juga memiliki destinasi wisata yang mengandung sejarah didalamnya. Maka wisatawan yang datang ke Semarang tidak lupa untuk menyempatkan waktunya mendatangi tempat bersejarah. Salah satu tempat bersejarah di Semarang yang wajib di kunjungi yaitu Tugu Muda.


Tugu Muda adalah sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran lima hari di Semarang. Peletakan batu pertama pada tugu ini di lakukan oleh gubernur Jawa Tengah kedua yaitu Wongsonegoro pada tanggal 28 Oktober 1945. Namun tidak lama kemudian, tugu ini di bongkar oleh tentara Belanda yang tergabung dalam NICA. Pada tahun 1950 Tugu Muda kembali dibangun atas inisiatif anggota eks yang di ketuai Walikota Semarang ketiga RM. Hadisoebeno Sosrowerdoyo. Awalnya tugu ini berda di tengah alun-alun Semarang, tetapi setelah dibangun kembali, monumen ini dipindahkan ke Simpang Lima yang berada di depa kantor Divisi Diponegoro.


Baca juga: Segarnya Berenang di Air Terjun Aling - Aling Bali

Baca juga: Tidak Tahan Dengan Keindahan Masjid Raya Hubbul Wattan Lombok


Daya Tarik


Daerah di sekitar Tugu Muda dikelilingi oleh bangunan-bangunan bersejarah, seperti Gedung Pandanaran, Lawang Sewu, Gereja Ketedral Semarang dan Museum Mandala Bhakti. Banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke tempat ini hanya sekedar untuk berfoto-foto. Awalnya tempat ini hanya ada monumen Tugu Muda saja, tetapi seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin indah dilengkapi dengan bunga-bunga dan dedaunan yang ada di sekitarnya. Dari tempat berdirinya Tugu Muda, wisatawan bisa melihat keindahan Lawang Sewu secara jelas.


Banyak sekali spot foto yang ada di tempat ini, salah satunya yaitu Taman Love. Banyak sekali wisatawan yang antri untuk mengabadikan momen di spot ini, hiasan berbentuk hati dan dipenuhi tanaman rambat membuat spot ini semakin Instagramable. Lingkungan yang bersih dan tidak ada sampah membuat wisatawan semakin nyaman berada di tempat ini. Apalagi pengelola tempat ini menyediakan beberapa bangku untuk bersantai sambil melihat keindahan Tugu Muda. Untuk wisatawan yang datang pada malam hari, akan takjub dengan Tugu Muda yang dihiasi lampu warna-warni yang menyoroti bangunan tersebut.


Rute dan Lokasi

Tugu Muda memiliki lokasi yang sangat strategis karena berada di Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Rute yang harus di tempuh oleh wisatawan yang akan datang ke Tugu Muda memang sangat mudah. Jika wisatawan yang datang dari Simpang Lima Semarang, kamju harus mengarahkan kendaraan menuju Jl. Pahlawan. Lalu ikuti jalan tersebut dan ambil putaran jalan yang berada di depan gedung Gubernur Jawa Tengah. Setelah sampai di gedung tersebut, ambil arah utara menuju Jl. Menteri Supeno. Hanya perlu menempuh jarak beberapa meter saja, wisatawan akan sampai di lokasi.


Baca juga: Sungguh Menakjubkan Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Baca juga: Bangkai Kapal USS Liberty Menjadi Daya Tarik Bawah Laut Pantai Tulamben Bali


Harga Tiket dan Fasilitas

Tugu Muda beroperasi selama 24 jam, dan setiap wisatawan yang datang ke tempat ini tidak harus membayar tiket masuk.

Fasilitas yang ada di tempat ini terbilang lengkap, diantaranya:

- Area parkir

- Kamar mandi/ toilet

- Tempat istirahat.


Editor: Syahrul
    Bagikan  

Berita Terkait