Wisata Air Sembari Edukasi Budaya

Wisata —Rabu, 27 Oct 2021 14:16
    Bagikan  
Wisata Air Sembari Edukasi Budaya
Wisata Air Sembari Edukasi Budaya/Pinterest

Halo kawan Post.. kembali lagi bersama Postmalang, kali ini Postmalang akan mengulas suatu tempat wisata Tirta Gangga Karangasem Bali. Apakah kawan Post pernah mendengar tentang tempat wisata yang satu ini, atau mungkin kawan Post sudah pernah berkunjung kesini. Nah… teruntuk yang belum, yuk cari tahu tentang keunikan, lokasi, harga tiket masuk, serta jam buka untuk berkunjung ke Tirta Gangga Karangasem Bali.

 

Kalau di lihat dalam peta wisata Bali, Tirta Gangga Bali menjadi salah satu tempat wisata terpopuler selain objek wisata Pura Lempuyang. Kedua tempat ini terletak di sebelah timur pulau Bali. Sekitar 65km jika kita mulai dari Denpasar, dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam jalan menuju tempat wisata Tirta Gangga Karangasem Bali.

 

Baca juga: The Big Culture Museum in Indonesia

Baca juga: Selat Galantin Makanan Khas Solo


Sebagai pengetahuan untuk kawan Post sebelum pergi ke sana, Postmalang mempunyai Lima fakta menarik mengenai Taman Tirta Gangga yang populer ini.

 

  1. MILIK KERAJAAN KARANGASEM

Tirta Gangga adalah sebuah istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem pada tahun 1948, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Tirta Gangga dibangun sebagai penghormatan kepada masyarakat Hindu Bali.

 

  1. KATA GANGGA BERASAL DARI INDIA

Kata Gangga sendiri di ambil dari suatu sungai terkenal di India, yaitu Sungai Gangga. Dalam kebudayaan Hindu, Sungai Gangga adalah air mata sumber kehidupan dan kesejahteraan bagi umat manusia. Sebab berasal dari tanah, air di Taman Tirta Gangga pun dipercaya sebagai air suci yang dapat digunakan untuk melangsungkan upacara adat.

 

  1. FASILITAS KOLAM RENANG

Yang tambah menarik dari Taman Tirta Gangga adalah fasilitas kolam renang. Fasilitas Kolam renang tersebut bernama Air Sanin, kawan Post dapat bersantai sambil menikmati udara segar khas Karangasem. Kolam renang ini airnya lang berasal dari sumber mata air.

 

  1. AIR MANCUR

Dan ini adalah salah satu spot menarik dari Taman Titra Gangga yaitu air mancur cantik yang berada di tengah. Dua kolam kecil mengapi di sisi kolam yang besar dan hadir dengan megahnya, juga beberapa patung dewa dan dewi. Nah… kawan Post, di sebelahnya ada air mancur tingkat sebelas yang sangat menarik, bernama Nawa Sanga. Dan inilah yang menjadi daya tarik dari Tirta Gangga.

Baca juga: Memasuki kawasan Desa Adat Ratenggaro, Seperti Kembali 4.500 Tahun Yang Lalu

Baca juga: Beberapa Jenis Upacara dan Pameran Yang Ada Dalam Festival Erau

  1. SUMBER MATA AIR

Air di Taman Tirta Gangga sangat jernih. Dan air yang digunakan berasal dari mata air Rejasa yang mengalir ke kota Amlapura. Dua pertiga dari pasokan air tersebut digunakan untuk mengisi kolam-kolam di Taman Tirta Gangga.

 

Taman air Tirta Gangga buka dari pukul 08:00 – 18:00. Waktu ramai kunjungan wisatawan dari pukul 12:00 – 16:00. Sebagian besar aktivitas wisatawan saat liburan ke taman air Tirtagangga, berswafotoria juga memberi makan ikan. Baik kawan Post, sampai berjumpa di artikel selanjutnya yang lebih menarik dan mengedukasi.


Editor: Syahrul
    Bagikan  

Berita Terkait