Mengenal Nilai - Nilai Kebudayaan di Wahana Puri Maerokoco

Wisata —Minggu, 7 Nov 2021 11:26
    Bagikan  
Mengenal Nilai - Nilai Kebudayaan di Wahana Puri Maerokoco
Puri Maerokoco, Semarang/pint

Tempat menarik yang patut untuk dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, dan sayang sekali jika harus dilewatkan adalah tidak lain wahana Puri Maerokoco. Mengapa? Sebab, selain kita bisa belajar tentang beragam budaya dan nilai-nilai yang kental tumbuh di negeri ini, kita juga disuguhi oleh nikmatnya aneka wahana menarik nan bergizi bagi kebahagiaan jiwa! Ceilehh duhh, bahasanya maafkan...

Wahana Puri Maerokoco ini saking indahnya juga bahkan disebut sebagai Taman Mini Indonesia versi provinsi Jawa Tengah lhoo, Sobat! Iyahh, kalau di Jakarta kan ada tuh namanya Taman Mini Indonesia Indah juga, yang lengkap dengan aneka wahana dan suguhan menakjubkan mata lainnya, seperti Istana Boneka, dan lain-lain. Nah, kalau di Jawa Tengah, ya Sobat bisa coba unjuk hati buat bahagia di sini inihh, di Wahana Puri Maerokoco ini. Nah, letak lokasinya sekarang dimana?

Untuk Sobat Post Malang yang khususnya domisili di kota Semarang, pasti sudah hafal betul lah ya dimana lokasi Puri Maerokoco ini tepatnya, hmm, yapz, tepatnya ia berada di jalan Yos Sudarso, Tawangsari, kota Semarang bagian Barat, provinsi Jawa Tengah, dengan kode pos 50144. Dicatat lengkap ya, Sobat! Hehehe, biar setelah PPKM ini selesai kita bisa mengobati hati yang lelah di sana. Duhh, lelah banget yak nampaknya dari kemarinn, ampunn wkwk.

Oh iya, perlu dicatat juga nih, mengunjungi Puri Maerokoco ini pokoknya mudah banget deh Sobat, sebab letaknya itu ada di tengah kota, ibarat jantung gitu.

Baik, kali ini serius. Jadi, kalau dari simpang lima, Sobat-sobat bisa mengarahkan motor atau mobil ke arah Tugu Muda, lalu lurus saja terus sampai menemui lampu merah, baru setelah itu lihat di sisi kanan jalan ada papan penunjuk yang pertuliskan ”PRPP”. Nah, Sobat bisa tuh membelokkan kendaraan ke kanan dan mengikuti papan petunjuk jalan yang sudah tersedia di area tersebut.

Baca juga: Sumber Air dengan Pemandangan Indah, Kalirenco Malang

Baca juga: Mencoba Skybike di Taman Selecta, Malang

Bisa juga lho kalau ingin menggunakan transportasi umum yang ada di sana, dan bisa minta tolong langsung diantarkan sebagai wisatawan menuju ke PRPP, misal ya dengan menaiki bus kota, atau ada juga tuh sekarang sudah ramai banget pengguna ojek online kan ya. Bisa dimanfaatkan.

Untuk rekreasi yang bisa dilakukan di sana apa saja sih, Mimin?

Nah, banyak sih yang bisa dipandang buat mengendurkan otot mata di sana. Alhasil Puri Maerokoco ini seperti paket kecilnya ragam budaya Jawa Tengah, plekk jatuh di sini. Hehehe. Misalnya ya, Sobat akan menemui banyaknya rumah adat yang disebut dengan anjungan. Ini terdiri dari 35 kabupaten atau kota gitu.

Nah, terus ada juga bangunan yang berbentuk sebuah rumah yang bagian dalamnya terdapat aneka hasil industri berkarakter masing-masing daerah di Indonesia.

Berdasarkan catatan sejarah sih, kawasan ini berluas 23,84 Ha lhoo Sobat, dan dibangun oleh Gubernur Ismail pada tahun 1980-an gitu. Adapun untuk nama ”Maerokoco” itu sendiri diambil dari eposnya Mahabharata, itu tuh yang menceritakan dengan lugas tentang ksiah dewi yang ingin memiliki seribu bangunan dan satu malam.

Duhh , yang satu ini pokoknya sangat sangat elegan nan eksotis, bahkan sering deh membuat wisatawan yang datang ke sini terhipnotis dengan keindahan alamnya. Ditambah dengan aneka burung yang terbang kesana-kemari. Bisa juga melintasi jalan setap, menaiki sampan dan perahu mesin, merasakan angin semilir yang syahdu, atraksi lompat ikan-ikan bandeng yang lucu bin menggemaskan, dan... masih banyak lagi deh!/Reg.

Baca juga: Destinasi Wisata Tasikmalaya, Tonjong Canyon Sungai Jernih dengan Tebing bak Diukir

Baca juga: Embung Kledung Temanggung, Wisata Asri dengan Panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait