4 Negara muda yang ada di Dunia, Ini Simak Penjelasannya

Travelling —Kamis, 11 Jan 2024 13:23
    Bagikan  
4 Negara muda yang ada di Dunia, Ini Simak Penjelasannya
Foto ilustrasi *Pinterest

POSTMALANG-, Untuk saat ini, terdapat 195 negara yang diakui di unia. Meskipun banyak dari negara negra ini telah ada selama berabad abad, namun negara negara baru masih terus terbentuk di era modern.

Faktanya semua negara termuda di dunia dalam daftar ini baru berusia 30 tahun, bahkan negara termuda di urutan teratas , baru akab merayakanhari jadinya yang ke 13 tahun .

Hamper semua negara dalam daftar ini terbentuk ketika mereka mendeklarasikan kemerdekannya dari negara tengangga yang berkuasa

Ada beberapa negara telah berkembang pesat sejak memperoleh kedaulatan, sementara yang lain masih berjuang untuk bisa bangkit berdiri sendiri.

Ini dia 4 negara termuda di dunia

 

-              Slovakia

Didirikan pada tanggal 1 januari 1993, berasal dari ibu kota Bratislava, tipe pemerintahan : republic konsitusional parlementer kesatuan.

Slavakia adalah bagian lain dari bekas cakeslovakia yang memperoleh kedaulatannya bersama dengan Republik Ceko pada 1993, cekoslowakia pertama kali dibentuk setelah perang dunia satu dan pembubaran Austrua-Hongaria. Sejak menajdi negara sendiri, Slovakia telah menjadi negara maju dengan perekomian berpendapatan tinggi yang maju, dan menduduki peringlat sangat tinggi dalam indeks pembangunan manusia.

Baca juga: Justin Hubner Sudah tak Sabar untuk Berlaga Bersama Timnas di Piala Asia

-              Kroasia

Berdiri pada tanggal 25 Juni 1991, berasal dari ibu kota Zagreb, pemerintah : Republik konstitusi parlementer kesatuan

Kroasia secara resmi Republik Kroasia adalah negara di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara. Kroasia mendeklarasikan kemerdekaannya pada 25 juni 1991, setelah pembubaran hubungannya dengan Yugoslavia.namun, kreasia terus memperjuangkan kemerdekaannya selama empat tahun dalam perang kemerdekaan

Perang tersebut akhirnya berakhir pada 1995 ketika Kroasia melancarkan dua serangan besar yang dikenal dengan Operasi Flash dan Operasi Badai

-              Palau

Didirikaan pada tanggal 1 Oktober 1994, berasal dari kota Ngerulmud, pemerintah : Republik Konstitusional Presidensial Kesatuan di bawah Demokrasi Non-Partisan

Palau adalah sebuah negara kepulauan di pasifik Barat. Seperti banyak negara kepulauan di Pasifik, pulau pernah dijajah oleh bangsa Eropa pada abad ke 16.

Setelah perang Dunia II, palau bersama beberapa negara kepulauan pasifik lainnya berada di bawah kendali Amerika Serikat.

Setelah menjadi wilayah Amerika selama beberapa decade, pulau diberikan kedaulatan penuh pada 1994 berdasarkan perjanjian Asosiasi bebas dengan Amerika Serikat

-              Serbia

Berdiri pada tahun 5 juni 2006, berasal dari ibu kota Beograd pemerintah : Republik Konstitusional Parlementer Kesatuan

Serbia memperoleh kemerdekaannya ketika secara damai membubarkan konfederasinya dengan Mentenegro pada 2006. Negara ini belum menajdi negar berdaulat sejak tahun 1918. Serbia memiliki sejarah yang panjang dan kaya dan wilayah tersebut telah dihuni sejak Zaman Paleolitikum.

Setelah perang dunia ke II, Serbia dan negara negara Slavia Selatan lainnya membentu Yugoslavia. (wdyqrrtlan)

Baca juga: Simak Ini dia Syarat dan Tahapan Donor Darah

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait