Bangkai Kapal USS Liberty Menjadi Daya Tarik Bawah Laut Pantai Tulamben Bali

Wisata —Kamis, 28 Oct 2021 12:13
    Bagikan  
Bangkai Kapal USS Liberty Menjadi Daya Tarik Bawah Laut Pantai Tulamben Bali
Bangkai Kapal USS Liberty Menjadi Daya Tarik Pantai Bawah Laut Tulamben Bali/Pinterest

POSTMALANG


Jika awan Post, pecinta olahraga selam atau senang dengan kegiatan selam menyelam alam bawah laut, Postmalang rekomendasikan untuk mengunjungi keindahan Pantai Tulamben, Karangasem, Bali. Panjang kapal Liberty mencapai 120 meter dengan salah satu ujungnya berada di kedalaman 5 meter dan ujung lainnya berada di 29 meter.


Baca juga: Sungguh Menarik Gereja Ayam Magelang

Baca juga: Danau Kaolin Dengan Daratan Putih


Kini Postmalang akan sedikit mengulas singkat sejarah dari karamnya kapal USS Liberty, dimana kapal perang ini pada tahun 1942 digunakan untuk membawa bagian-bagian rel kereta dan karet untuk kepentingan perang dari Australia ke Filipina. Namun ditengah laut dalam perjalanan, kapal tersebut terkena torpedo kapal Jepang di Sebelah barat Selat Lombok. Karena itu, kapal perang ini pun mengalami kerusakan yang cukup berat dan rencananya dibawa ke Singaraja untuk perbaikan di Pelabuhan milik VOC.


Sebelum berlabuh Singaraja, kapal ini tidak bisa meneruskan perjalanan dan berhenti di Desa Tulamben. Kapal ini teronggok selama 21 tahun di Pantai Tulamben, hingga pada saat suatu peristiwa letusan Gunung Agung tahun 1963, efek letusan yang dahsyat membuat kapal ini bergeser hingga 30 meter dari bibir pantai.


Salah satu pesona dari diving di Tulamben yaitu menelurusi bagian dalam kapal yang mudah dimasuki, karena bentuk kapal yang sudah hancur. Namun tetap waspada, banyak bagian kapal yang sudah rapuh. Melakukan aktivitas diving di pagi hari, yaitu sekitar pukul 04.00-06.00 pagi. Ada satu lagi fenomena yang di cari oleh penyelam ke Tulamben, yaitu adanya ikan Bumphead parrotfish atau sering disebut oleh para diver Bumphead. Ikan itu merupakan ikan terumbu yang paling terbesar. Kami pun menemukan bumphead dengan panjang lebih kurang 100 cm.


Baca juga: Museum Kereta Api Ambarawa Menyimpan Banyak Sekali Benda - Benda Peninggalan Zaman Dahulu

Baca juga: Kebudayaan Suku Dayak Memang Selalu Menyita Perhatian Para Wisatawan


Sungguh sangat indah bukan, bawah laut pantai Tulamben, Bali ini. Bukan hanya pemandangan karmnya kapal USS LIBERTY saja yang indah, namun hampir seluruh isi lautnya juga memang indah Kawan Post. (KK)


Editor: Syahrul
    Bagikan  

Berita Terkait