Rekomendasi Wisata Tanah Lot, Dari Keindahan Sunset hingga Ular Suci

Wisata —Selasa, 26 Oct 2021 13:31
    Bagikan  
Rekomendasi Wisata Tanah Lot, Dari Keindahan Sunset hingga Ular Suci
Le Temple Tanah Lot Bali/pinterest

Dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di Bali, Tanah Lot menjadi salah satu tempat wisata yang cukup banyak menarik pengunjung domestik maupun mancanegara. Selain bisa menikmati pemandangan alam pantainya, di lokasi ini juga terdapat sebuah bangunan pura yang ada di atas bukit. Pura inilah yang menjadi salah satu ikon Tanah Lot. Arti nama Tanah Lot sendiri dalam bahasa indonesia, Tanah diartikan dataran sedangkan Lot berarti daratan yang berada ditengah laut.

Harga tiket masuk untuk menuju ke Tanah Lot dibagi menjadi dua yaitu domestik dan warga asing. Harga domestik untuk anak kecil Rp 10.000, orang dewasa Rp 20.000. Sedangkan harga warga asing untuk nak kecil adalah Rp 30.000 dan untuk orang dewasa Rp 60.000.

Wisata ini terletak di Desa Beraban, Kecaatan Kediri, kabupaten Tabanan, Bali. Buka pada hari Senin-Minggu mulai pukul 07.00 sapai 17.00 WITA. Untuk dapat pergi menuju ke lokasi Pntai Tanah Lot dari Bandara Ngurah Rai, Pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 26,9 km dengan waktu selama 1 jam 20 menit.

Baca juga: Berwisata ala Korea di Dalam Negeri

Baca juga: Beberapa Jenis Upacara dan Pameran Yang Ada Dalam Festival Erau

Keunikan Objek Wisata Tanah Lot

  1. Pura Tanah Lot Tabanan Bali

Pura ini dibangun pada dua tampat yang berbeda. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar. Pada saat pasang, air laut akan menutup area pantai dan membuat lokasi pura Tanah Lot terlihat seperti berada di tengah laut. Sementara yang satunya dibangun di atas tebing karang yang menjorok ke laut mirip tempat Wisata Pura Luhur Uluwutu Bali. Dibawah lokasi pura kedua nya terdapat lubang besar yang selalu dilewati oleh gelombang ombak besar. Kedua pura menghadap ke lautan lepas Samudra Hindia.

Sejarah Singkat Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot Tabanan di perkirakan di bangun pda abad ke-16 oleh seorang pendeta dari kerajaan majapahit bernama Dang Hyang Nirartha. Konon pada saat Dang Hyang Nirartha mengunungi pantai di bagian selatan pulau bali, ia melihat batu karang besar yang berada di tepi pantai. kemudian Dang Hyang irartha mendapatkan wahyu bawa si atas batu karang adalah tempat suci yang dapat digunakan sebagai lokasi pura. Mitosnya, wisatawan yang mengajak pasangan nya ke tempat ini suatu waktu hubungan nya akan putus.

Baca juga: Cara Membuat Permen Dalgona, Permen Tradisional Korea

Baca juga: Ulasan Sepintas Museum Ullen Sentalu

Berikut merupakan beberapa pura lain nya yang dapat kamu kunjungi, antara lain:

- Pura panataran

- Pura Panyawang

- Pura Pakendung

- Pura Njung Galuh

- Pura Batu Bolong

- Pura Batu Mejan

- Pura Jero kandang

  1. Gua Ular Suci

Selain bangunan Pura yang dapat dikunjungi, Tanah Lot juga menyimpan wisata alam berupa gua yang dapat dikunjungi. Salah satunya adalah Gua Ular Suci. Konon katanya, Ular-ular di dalam gua ini diyakini sebagai penjaga pura yang ada disana. Untuk jenis ularnya adalah ular laut yang memiliki kulit belang berwarna hitam putih dengan ekor berwarna putih. Ular ini termasuk jenis ular beracun yang berbahaya sehingga jika ingin memegangnya, harus didampingi oleh pawang.

Baca juga: Bunker Kaliadem Yogyakarta, Berwisata dan Mengenang Sejarah Gunung Merapi

Baca juga: Resep Khas Babat Gongso Semarang

  1. Gua Air Suci

Selain Gua Ular Suci, terdapat pula satu gua kecil yang bernama Gua Air Suci. Gua ini memiliki aliran yang berasal dari tengah laut namun tidak menimbulkan rasa asin. Sumber air nya dikenal dengan Tirta Pembersihan yang dikeramatkan. Bahkan airnya sering digunakan untuk keperluan upacara umat Hindu. Selain menjadi mata air keramat, mata air ini pun dapat dinikmati oleh pengunjung dan dipercaya dapat menyembuhhkan berbagai jenis penyakit, meningkatnya kesuburan pasangan suami istri, dan masih banyak lagi.

  1. Upacara Keagamaan

Selain panorama alam yang indah, Tanah Lot juga terkenal dengan upacara keagamaan nya, Kawasan ini banyak di huni oleh masyarakat Bali yang beragama Hindu. Salah satu contohnya adalah Upacara Piodalan. Dimana upacara ini diperingai sebagai hari jadi pura yang diadakan setiap 210 ari sekali dalam kalender saka atau 40 hari setelah perayaan hari Kuningan.

Baca juga: Es Soda Gembira Bikin Hati Riang

Baca juga: Resep Jitu Tahu Gimbal Makanan Khas Kota Semarang

  1. Yeh Kutikan

Yeh kutikan adalah tempat menikmati pemandangan ombak yang sangat indah. Tempat ini terletaal di Barat Warung mandala dan kerap digunakan sebagai tempat untuk memancing baik domestik maupun mancanegara.

  1. Pasar Seni

Paasar seni merupakan sebua pasar yang menjual berbagai macam souvenir berup hasil seni budaya bali. Contoh nya adalh Kemeja, sarung, sandal, topi, lukisan, patung, dan lain-lain./Reg.

Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Satwa Kebun Binatang di Jawa Timur


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait