Cara Membuat Permen Dalgona, Permen Tradisional Korea

Kuliner —Selasa, 26 Oct 2021 12:36
    Bagikan  
Cara Membuat Permen Dalgona, Permen Tradisional Korea
Dalgona Candy/pinterest

Serial Netflix berjudul Squid Game belakangan ini menjadi perbincangan dimana-mana. Squid Game menceritakan bagaimana orang-orang dengan utang yang menumpuk kemudian diberikan kesempatan untuk mendapatkan uang hanya dengan menyelesaikan berbagai permainan dalam waktu 6 hari.

Permainan yang harus diselesaikan oleh para peserta Squid Game adalah permainan anak jaman dahulu. Salah satunya yang kini populer adalah Permen Dalgona (Korean Honeycomb Toffe). Permen Dalgona sendiri populer di Korea pada tahun 1960 an sampai 1970an. Namun kembali menjadi perbincangan dan banyak dimainkan berkat series Squid Game.

Permen Dalgona sendiri terbuat dari gula yang dicairkan kemudian dibentuk menjadi bulat dengan bagian tengah diberi berbagai bentuk seperti segitiga, bulat, kotak dan lain sebagainya sesuai dengan selera.


Permainan dimulai saat Permen Dalgona sudah mengeras sempurna. Dalam series Squid Game, terdapat 4 bentuk pola Permen Dalgona yaitu lingkaran, segitiga, bintang dan payung. Setiap orang harus memotong Permen Dalgona sesuai dengan pola yang didapatkan. Siapa yang gagal membentuk pola tersebut maka akan tersingkirkan dan siapa yang berhasil memotong pola tersebut maka lolos ke babak selanjutnya.

Baca juga: Resep Khas Babat Gongso Semarang

Baca juga: Bunker Kaliadem Yogyakarta, Berwisata dan Mengenang Sejarah Gunung Merapi

Karena cara pembuatan Permen Dalgona cukup sederhana, banyak orang yang kemudian mencoba membuat dan menantang diri untuk bermain sebagaimana pemain Squid Game. Berikut bahan dan cara membuat Permen Dalgona.


Bahan :

  • 2 sdm Gula Pasir
  • Sejumput Baking Soda

Cara membuat :

  • Lelehkan 2 sdm gula pasir, kemudian tambahkan sedikit baking soda.
  • Jika lelehan gula sudah sedikit mengembang, tuangkan lelehan gula pada alas anti lengket atau bisa juga dengan sedikit diberi olesan minyak sayur.
  • Tekan adonan dalgona hingga pipih, kemudian berikan pola ditengah dalgona menggunakan cetakan.
  • Tunggu hingga mengeras.

Itu dia cara mudah membuat Permen Dalgona. Apakah kalian sudah pernah mencobanya? Selamat mencoba./Reg

Baca juga: Resep Jitu Tahu Gimbal Makanan Khas Kota Semarang

Baca juga: Resep Croffle Sederhana ala Devina Hermawan

 


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait