Sejarah Singkat Mengenai Paduan Suara Kabupaten Bandung

Pendidikan —Selasa, 5 Oct 2021 13:29
    Bagikan  
Sejarah Singkat Mengenai Paduan Suara Kabupaten Bandung
Sejarah Singkat Mengenai Paduan Suara Kabupaten Bandung/@syahrulkeun

SOREANG, POSTMALANG


Minggu, 02 Oktober 2021 Bambang Isnaini kamili ketua kelompok Gita Muda Kirana dijumpai oleh Postmalang saat proses seleksi calon anggota baru Gita Muda Kirana di Gymnasium, Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Bambang Isnaini Kamili bercerita singkat padat dan jelas saat ditanya mengenai apa itu paduan suara, sejarah paduan suara kabupaten bandung dan syarat untuk menjadi anggota baru Gita Muda Kirana.

Apa sih Paduan Suara itu? Paduan Suara adalah sekelompok orang bernyanyi yang terdiri dari para penyanyi, pemusik dan ada salah satu orang yang memimpin paduan suara biasa di sebut “Dirigen” atau “Choir Master”. Suatu Kelompok Paduan Suara biasanya membawakan musik atau sebuah lagu yang terdiri atas beberapa bagian suara. Beberapa bagian suara itu biasa disebut Sopran, Alto, Tenor, bas dan sebenarnya tidak ada batasan untuk jumlah bagian suara. Dan jumlah suara paling lazim dalam Paduan Suara adalah tiga, lima, enam dan delapan. Dan jika dalam Paduan Suara ada yang bernyanyi satu orang, itu biasa disebut bernyanyi secara Unisono.


Baca juga: Beberapa Wisata di Bali Yang Sangat Menarik

Baca juga: 6 Destinasi Wissata Ala Korea di Indonesia


Bagaimana sejarah Paduan Suara Kabupaten Bandung dan Sudah berapa lama berdiri? kelompok Paduan Suara Kabupaten Bandung sudah lama berdiri kurang lebih 25 tahun sejak tahun 90an, namun seiring berjalanya waktu Paduan Suara Kabupaten Bandung sudah tiga kali berubah nama dan kepengurusan yang di awali dengan nama Tim Obade atau Paguyuban Paduan Suara Kabupaten Bandung pada tahun 90an hingga 2011 dengan berisikan anggota beberapa Kelompok Paduan Suara SMA SMK se - Kabupaten Bandung, pada tahun 2011 - 2019 berganti nama menjadi Pusaka Bandung dan pada tanggal 20 Februari 2019 hingga saat ini berganti nama Kembali menjadi GITA MUDA KIRANA.

Bagaimana Proses terbentuknya GITA MUDA KIRANA? Ketika Paduan Suara Pusaka Bandung dibubarkan oleh Foundernya, selain dari pembubaran tersebut GITA MUDA KIRANA terlahirpun akibat adanya perubahan kebijakan pemerintah yang pada awalnya di Disdikbud dan beralih ke Dispora. Dan Paduan Suara ini adalah agenda kerja Dinas, Gita Muda Kirana menjadi salah  satu Mitra Dinas. Terbentuknya Gita Muda Kirana setelah pembubaran Paduan Suara sebelumnya dan perubahan kebijakn pemerintah timbulah inisiatif dari anggota untuk melanjutkan  Paduan Suara Kabupaten Bandung, dan melakukan pembentukan kepengurusan hingga membuat sayembara kepada seluruh anggota untuk membuat nama kelompok Paduan Suara ini, hingga terpilihlah salah satu nama, yaitu “GITA MUDA KIRANA” yang mempunyai filosofi “Gita” yang berarti “suara”, “Muda” yang berarti “anak muda” dan “Kirana” yang berarti “Elok”, jadi Gita Muda Kirana adalah “Perkumpulan Anak Muda yang Mempunyai Suara – Suara yang Elok”. Kini Gita Muda Kirana sudah melahirkan dua generasi dan jika di hitung dari tahun 2009 pada era Pusaka Bandung sudah melahirkan sebelas Angkatan dengan total jumlah anggota kurang lebih lima ratus anggota, dan per-angkatan ada empat puluh orang.

Apa saja program dan prestasi yang sudah dicapi oleh Gita Muda Kirana? Beberapa program dan prestasi yang sudah di cappai oleh Gita Muda Kirana yaitu, untuk per – minggu biasanya melakukan Latihan rutin, per – bulan tes hasil Latihan per – minggu, program per – enam bulan tes pemusatan Latihan hasil Latihan per – minggu dan per – enam bulan, dan program pertahunya penjaringan anggota  baru. Adapun beberapa prestasi yang sudah di capai mampu melaksanakan konser musik pemuda kabupaten bandung dan tampil di hadapan gubernur jawa barat.


Baca juga: Melihat Aliran Panjang Sungai Oya Yang Membelah Bukit hijau

Baca juga: Soto Grombyang Menu Makan Siang Paling Cocok


Apa saja Kriteria dan syarat untuk menjadi anggota Gita Muda Kirana? Kriteria untuk menjadi anggota GITA MUDA KIRANA minimal berumur 16 tahun dan masih bersekolah minimal SMA/SMK. Syarat untuk menjadi calon anggota Gita Muda Kirana yaitu, seluruh calon anggota Gita Muda Kirana wajib mengikuti pra-seleksi, seleksi, pembekalan materi lagu dan diklat.(syahrulkeun)


 


Editor: Syahrul
    Bagikan  

Berita Terkait