Definisi Sejarah Keindahan Kota Malang

Wisata —Sabtu, 8 Jan 2022 14:35
    Bagikan  
Definisi Sejarah Keindahan Kota Malang
Kota Malang - Pinterest

POSTMALANG-kota malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang.Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya.

Kota Malang menyimpan berbagai macam peninggalan bersejarah. Kota ini menyimpan peninggalan masa Kerajaan Kanjuruhan hingga Belanda. Peninggalan Belanda pada umumnya berupa bangunan-bangunan kuno seperti Gereja Kayutangan yang berarsitektur gotik. Malang pun mengadakan berbagai acara untuk melestarikan cagar budayanya, salah satunya seperti Festival Malang Tempo Doeloe. Malang pun memiliki banyak peninggalan sejarah yang menjadi markah tanah seperti Tugu Malang (Alun-Alun Bundar).

Kota Malang memiliki berbagai macam orang dari berbagai macam suku bangsa dan budaya. Penduduk kota Malang mencapai 895.387 jiwa dengan suku mayoritas Jawa, diikuti dengan Madura. Jika dilihat dari sisi budaya, Kota Malang termasuk ke dalam Kawasan Kebudayaan Arek.

Baca juga: Bukit Brakseng, Wisata Alam di Kota Batu Malang

Baca juga: Resep Es Gabus Pelangi, Jajanan Tempo Dulu yang Menarik Hati

Wisata kuliner di kota pun dicampuradukkan dengan Festival Malang Tempo Doeloe. Dalam festival tersebut, dijualah berbagai sajian kuliner zaman dahulu, mulai dari cenil, putu, sampai grendul. Jajanan zaman dahulu seperti tebu, gulali, dan kerupuk miller pun dijual pada festival tahun 2012. Gulali yang dijual bukan main-main karena gulali tersebut berupa gulali cetak sehingga bisa dibentuk-bentuk sebperti jagung, naga, ataupun bunga.

kota malang juga mempunyai keunikan yang diantaranya adalah
1.Kota pendidikan di indonesia
kota malang juga turut serta disebut sebagai kota pendidikan karena bertujuan utama bagi para pelajar yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi.
2.Kuliner nusantara
kota malang juga terkenal dengan makanan makanan kuliner,banyak sekali warung yang menyajikan berbagai masakan khas seperti soto,sate,baso,rujak dan masih banyak lagi makanan kuliner di kota malang.
3.Kota sejarah
museum ini adalah peninggalan beberapa kerajaan yang pernah berpusat di kota Malang seperti Kerajaan kanjuruhan, Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit, dan lain sebagainya, yang mana semua kerajaan ini dipelajari di buku- buku sekolah atau penelitian lainnya yang tidak bisa dilepaskan dari topik nenek moyang indonesia.

Baca juga: Bukit Brakseng, Wisata Alam di Kota Batu Malang

Baca juga: Resep Es Gabus Pelangi, Jajanan Tempo Dulu yang Menarik Hati


Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait