Jajanan Khas Sumatera Barat Paling Enak, Ada Sala Lauak dengan Tekstur Lembut dan Renyah

Kuliner —Jumat, 16 Jul 2021 17:07
    Bagikan  
Jajanan Khas Sumatera Barat Paling Enak, Ada Sala Lauak dengan Tekstur Lembut dan Renyah
rumah gadang (pinterest)

MALANG, DEPOSTMALANG

Jika kamu berwisata ke Sumatera Barat belum lengkap sebelum mencoba beberapa jajanan khas sumatera barat. Kota yang terkenal dengan khas makanan rendang ini memiliki banyak makanan khas yang sangat gurih, dan enak.

Selain rendang banyak makanan khas sumatera barat yang cukup terkenal diantaranya, dendeng balado, sate padang, dan beberapa makanan lain yang tak kalah enak

Sumatera Barat merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di pulau sumatera ibukota padang. Kota padang juga merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudera Hindia.

Buat kamu pecinta kuliner tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa jajanan khas sumatera barat seperti berikut ini.

1.Kue Pinyaram

Kue Pinyaram milik ranah minang ini mirip dengan kue cucur khas betawi. Di sumatera barat kue ini dinamakan Pinyaram. Pinyaram adalah makanan khas untuk menyambut hari raya dan perayaan tertentu.

Baca Juga : Resep Masakan, Cara Membuat Bakpau isi Coklat Khas Malang

Baca Juga : Cerita Horor Sempat Viral Sewu Dino atau Seribu Hari Bagian 3, Santet seribu hari memiliki dua arah dan Sangat Kuat

                                             wikipedia

Saat acara pernikahan biasanya pinyaram dibuat dalam ukuran besar kemudian di potong-potong dan ada juga yang menjual dalam ukuran kecil sebagai oleh-oleh khas Minangkabau yang biasa dikemas dalam bungkus plastik bening.

Piyaram merupakan campuran dari gula pasir dan gula aren, tepung beras putih, dan santan kelapa. Cara pembuatannya di goreng, pinyaram juga memiliki beberapa jenis yaitu, pinyaram putih yang terbuat dari tepung beras putih dan pinyaram hitam yang terbuat dari beras hitam.

Baca Juga : Sejarah Hewan Qurban Berawal dari Kisah Nabi Ibrahim Menyembelih Anaknya Sendiri

Jajanan ini banyak terdapat di wilayah, kayu tanam, payakumbuh, bukittinggi dan beberapa daerah yang berdekatan dengan padang dan bukittinggi.

2.Sala Lauak

Sala lauak atau sala ikan asli minang khas pariaman sumatera barat ini berbentuk bola mirip combro di jawa barat.

                                             sala lauak (pinterest)

Baca Juga : Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau

Isi dari sala lauak adalah ikan teri atau udang halus. Teksturnya yang lembut di dalam dan renyah di luar. Sala lauak tidak hanya sebagai cemilan namun, biasanya disantap dengan menu lainnya seperti bakso, lontong sayur, mie, dan soto.

3.Kue Sapik

Kue sapik khas minang ini biasa dikenal dengan kue semprong khas ranah minang yang berbentuk segitiga pipih. Kue ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, santan, telur, dan bubuk kayu manis.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh di Kota Malang Terbaru, Paling Lengkap dan Favorit

                                             jamgadang04

Cara membuatnya sangat sederhana, adonan yang tercampur rata dan berubah menjadi warna kuning keemasan maka adonan tersebut sudah dapat langsung di cetak dengan cetakan khusus lalu di panggang.

Baca Juga : 4 Menu Makanan Lezat Khas Idul Adha

Jajanan ini biasanya disajikan saat moment lebaran namun, ada juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas ranah minang.

 

 

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait