Keraton Surakarta Hadiningrat, Tempat Bersejarah dengan Konsep Bangunan yang Eksotis

Wisata —Kamis, 11 Nov 2021 15:22
    Bagikan  
Keraton Surakarta Hadiningrat, Tempat Bersejarah dengan Konsep Bangunan yang Eksotis
Keraton Surakarta Hadiningrat/pint

Mengunjungi tempat yang masih menyimpan jejak sejarah memang menjadi impian semua orang, karena tidak hanya menikmati keindahannya saja, tetapi kita juga mendapatkan ilmu baru. Sebagian orang berfikir bahwa mengunjungi tempat bersejarah sangat membosankan, tetapi sebenarnya mendatangi tempat bersejarah itu seru dan pastinya ingin berlama-lama disana. Salah satu tempat bersejarah yang tidak membosankan yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat.

 

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu peninggalan sejarah yang ada di Kota Surakarta. Istana resmi Kesunanan Surakarta Hadiningrat ini dibangun pada tahun 1744 oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II. Keraton Surakarta Hadiningrat memiliki luas sebesar 147 hektar, yakni meliputi seluruh area di dalam benteng Baluwarti, alun-alun Lor, alun-alun Kidul, gapura Gladak, dan kompleks Masjid Agung Surakarta.

 

 

 

Daya Tarik

 

Keraton Surakarta Hadiningrat memiliki konsep bangunan yang sangat eksotis karena arsitek pada bangunan ini salah satunya dibuat oleh Pangeran Mangkubumi. Pola tata ruang yang ada di bangunan ini memiliki pola persamaan umum. Selain itu, bangunan ini juga memiliki dinding pertahanan dengan lebar 500 m dan tingginya 3-5 meter. Benteng pertahanan ini mengelilingi kamandungan utara sampai kamandungan selatan.

Keraton Surakarta Hadiningrat memiliki berbagai spot untuk berfoto-foto ataupun untuk bersantai. Salah satu spot yang menarik di tempat ini yaitu adanya dua pohon beringin putih yang memiliki nama. Untuk pohon beringin yang ada di sebelah barat bernama Dewandaru (keluhuran), sedangkan pohon beringin di sebelah timur bernama Jayandaru (kemenangan). Masih banyak sekali spot yang ada di tempat ini diantaranya Alun-alun utara, Tiga pucuk meriam, Waringin gung, Panggung songgo buwono, Sasana sumewa, Sithinggil utara, Benda pusaka keraton surakarta hadiningrat, Perpustakaan, dan Museum radya pusaka.

 

 

Baca juga: Dihantui Rasa Bersalah : Last Summer

Baca juga: Mengenal Anxiety : Gejala, Jenis dan Cara Mengatasi

Rute dan Lokasi

 

Keraton Surakarta Hadiningrat memiliki lokasi yang sangat strategis karena berada di Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Rute yang harus di tempuh untuk sampai di tempat ini sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Untuk wisatawan yang memulai perjalanan dari Kota Semarang, kamu harus mengarahakan kendaraan menuju pertigaan kerten kamu tinggal menaiki transportasi umum yang terseida disana. Sedangkan jika wisatawan yang menggunakan kereta, dari stasiun kamu bisa langsung naik bis yang melewati perempatan Gladag.

 

 

 

Harga Tiket dan Fasilitas

 

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat hanya perlu mengeluarkan biaya yang sangat terjangkau, hanya Rp. 10.000/ orang (wisatawan domestik) sedangkan Rp. 15.000/ orang (wisatawan asing). Tempat ini beroperasi mulai dari pukul 09:00-14:00 (untuk hari senin-kamis) sedangkan pukul 09:00-16:00 (untuk hari Sabtu-Minggu). Tetapi pada hari jumat, tempat wisata ini tutup atau tidak beroperasi.

 

Fasilitas yang ada di tempat ini terbilang lengkap, diantaranya:

 

- Area parkir

 

- Toilet

 

- Mushola./Reg.

Baca juga: Berikut Asal Usul Kota Malang, Jawa Timur yang Belum Kalian Ketahui

Baca juga: Resep Membuat Jjampong atau Korean Seafood Noodle Dengan Mudah dan Enak


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait