Jenis- jenis Kamera dengan Metode Kerjanya

Lifestyle —Rabu, 14 Jul 2021 17:18
    Bagikan  
Jenis- jenis Kamera dengan Metode Kerjanya
ra

MALANG, DEPOSTMALANG

Kamera merupakan alat untuk menangkap cahaya yang penemuan kamera berasal dari sejarah fotografi. Kata Fotografi atau Photography digunakan pertama kali oleh John Herschell, dia merupakan ilmuwan inggris pada tahun 1839.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), kamera adalah kotak kedap sinar yang dipasang dengan lensa yang menyambung pada lubang lensa tempat gambar atau objek direkam dalam alat pekat cahaya.

Kamera dapat mengatur jumlah cahaya yang dihasilkan sehingga bisa mendapatkan hasil gambar sesuai keinginan penggunanya. Berikut jenis-jenis kamera berdasarkan metode kerjanya.

  1. Single Lens Reflex ( SLR)/Refleks Lensa Tunggal (RLT)

Dinamakan refleks karena menggunakan cermin pada jalur cahaya yang memantulkan cahaya dari lensa ke prisma penta (pentaprism) untuk kemudian diteruskan ke mata. Kamera ini menggunakan hanya satu lensa untuk membidik dan mengambil gambar. Kamera SLR rata-rata modelnya hampir sama.

Baca Juga : Awas! Banyak Kamera Pengintai Merekam Aktivitas Anda, Begini Cara Mendeteksinya

Baca Juga : Sejarah Hewan Qurban Berawal dari Kisah Nabi Ibrahim Menyembelih Anaknya Sendiri

                                                pinterest

  1. Range Finder (RF) atau Penemu Jarak

Hal yang membedakan antara kamera rangefinder dengan jenis kamera lain adalah kaca (mirror). Jenis kamera rangefinder berbeda dengan SLR. Rangefinder pada jenis kamera merupakan alat yang menentukan jarak ke objek dengan menggunakan tringulasi yaitu teknik geometrik. Kamere ini mempunyai jendela pengamat (viewfinder) terpisah dari lensa pengambilan gambar.

                                                                 pinterest

  1. Twin Lens Reflex (TLR) atau Refleks Lensa Kembar (RLK)

Kamera ini memakai dua lensa dengan pembesaran yang sama. Satu digunakan untuk lensa pengamat dan yang lain digunakan untuk lensa pengambilan gambar. Kamera jenis ini menempatkan kedua lensa secara bertumpuk, satu di atas yang lain. Pada lensa pengamat, kamera ini juga menggunakan cermin agar gambar yang diteruskan akan dipantulkan ke mata.

Kelebihan kamera ini adalah tidak akan menimbulkan suara saat mengambil gambar dan kamera ini tidak terjadi blackout.

Baca Juga : Jack Ma Manusia Triliun Yuan, Terbiasa Dengan Penolakan dan Terus Menjaga Mimpi

                                                                        pinterest

  1. View Camera atau Kamera View

Kamera jenis ini memiliki dua panel yang dihubungkan dengan selubung akordeon (bellows). Panel depan kamera ini menyangga lensa, sedangkan panel belakang berfungsi sebagai penyangga film dan tabir untuk melakukan penajaman gambar. Kamera ini juga mampu menghasilkan foto yang tidak dapat dibuat oleh jenis kamera lain.

Baca Juga : Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau

pinterest

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait