Awas! Banyak Kamera Pengintai Merekam Aktivitas Anda, Begini Cara Mendeteksinya

Hiburan —Rabu, 14 Jul 2021 16:29
    Bagikan  
Awas! Banyak Kamera Pengintai Merekam Aktivitas Anda, Begini Cara Mendeteksinya
Awas! Banyak Kamera Pengintai Merekam Aktivitas Anda, Begini Cara Mendeteksinya( image/Pinterest)

MALANG, DEPOSTMALANG

Perkembangan teknologi di bidang Kamera kini kian pesat. Tapi pernahkah kamu membayangkan jika aktivitasmu selalu diintai? Kini kasus penggunaan kamera tersembunyi di toilet atau sejumlah area pribadi sering terjadi.

Saat ini semakin banyak titik yang dipasangi kamera dengan alasan keamanan. Namun demikian banyak pihak tak bertanggungjawab yang menyalah gunakan teknologi ini. Hal ini tentu saja sangat mengganggu ranah privasi dan memunculkan perasaan diuntit. Selain itu, ada kemungkinan video yang merekam tubuh kita ini kemudian disalah gunakan dan disebarluaskan.

Oleh karena itu untuk meningkatkan kewaspadaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kamera tersembunyi, Kali ini DepostMalang membagikan berbagai tips untuk mendeteksi kamera tersembunyi yang telah di rangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Kamera Ponsel

Kita bisa loh mendeteksi kamera tersembunyi menggunakan kamera ponsel. Karena kamera ponsel dilengkapi dengan lampu inframerah yang mampu melihat benda tidak kasat mata seperti kamera tersembunyi.

Pertama matikan lampu di ruangan kamar saat ingin mulai mendeteksi kemudian Nyalakan kamera ponsel dan cari mengelilingi kamar kalau terlihat benda yang bercahaya Ungu atau putih dari layar ponsel kemungkinan benda itu adalah kamera tersembunyi.

Perlu diketahui kalau cahaya inframerah pada ponsel bisa berbeda. Untuk mengetahui pada kamera ponsel depan atau belakang yang memiliki lampu inframerah kamu bisa mengambil remote TV yang kamu punya tekan tombolnya dan Arahkan ke kamera jika terdapat cahaya maka kamera tersebut dapat mendeteksi inframerah namun biasanya kamera depan lebih mampu menangkap lampu inframerah

BACA JUGA: Pesona Alam Dan Budaya Provinsi Jawa Timur, Pusat Kesenian Reog dan Tempat Dukun Sakti

2. Memindai Wifi

Selain dengan menggunakan kamera ponsel, kamu juga bisa mendeteksi kamera tersembunyi dengan memindai wi-fi untuk mendeteksi kamera tersembunyi.

Gunakan aplikasi bernama Viking yang dapat diunduh melalui Android atau IOS. Cara kerja dari aplikasi ini adalah untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan lokal, caranya hubungkan ponsel kamu ke jaringan wi-fi atau hotspot yang tersedia, kemudian Buka aplikasi dan pilih refresh di kanan atas layar. Tunggu sampai aplikasi selesai memindai, setelah itu lihat daftar perangkat yang ditemukan jika menemukan news arrow wis atau bahkan IP camera sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi itu adalah kamera yang tersembunyi.

Semoga dengan tips diatas kita jadi merasa lebih aman. Kalau kamu merasa menjadi korban kamera tersembunyi, segera laporkan ke pihak kepolisian.

Tindakan ini dapat dijerat dengan UU ITE pasal 31 ayat 2 dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. Selain itu korban juga bisa mengajukan gugatan perdata karena tindakan itu merugikan hak pribadi seseorang berdasarkan pasal 26 UU ITE korban bisa melapor dengan membawa barang bukti berupa hasil rekaman atau alat perekam.

Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait