Manfaat Bunga Korejat Sebagai Obat Tetes Alami

Kesehatan —Sabtu, 17 Jul 2021 12:09
    Bagikan  
Manfaat Bunga Korejat Sebagai Obat Tetes Alami
(ist/rini)

MALANG, DEPOSTMALANG

Bunga korejat adalah obat sakit mata paling ampuh untuk segala penyakit mata, bunga ini tumbuh secara liar dan tumbuh di daerah-daerah lembab. Bunga korejat juga di kenal dengan sebutan bunga Kitoloid bunga Korejat mengandung alkaloid senyawa organik basa bernitrogen.

Tanaman korejat memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat diantaranya yaitu senyawa alkaloid seperti lobelamine, lobiline, dan isotamine. Kandungan Senyawa alkaloid merupakan senyawa basa bernitrogen seperti halnya nitrogen dan oksigen.

Jika kita mengunyahnya, korejat akan memberikan rasa pahit serta getir. Daun korejat sendiri sebenarnya telah lama di manfaatkan sebagai obat herbal untuk penyembuhan beberapa penyakit.

Daunnya bisa diolah menjadi obat seperti obat sakit gigi, bronchitis, asma, radang tenggorokan, dan sebagainya. Sedangan bunga korejat biasa dipakai orang sebagai obat mata minus alami, obat rabun, katarak, serta obat mata plus.

Adapun daerah yang biasa menggunakan pengobatan mata alami menggunakan bunga korejat secara turun temurun hingga sekarang adalah masyarakat di daerah sunda.

Baca Juga : Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Baca Juga : Cafe Gubuk Senja, Sensai Nongkrong Asyik Dengan Nuansa Pedesaan di Kabupaten Malang

                                                                       (ist/rini)      

Sebenarnya manfaat bunga kitolod bagi kesehatan tidak hanya sebagai obat mata secara tradisional, tetapi juga berkhasiat mengobati sakit gigi, radang tenggorokan, bronkitis, obat luka ringan, asma dan bahkan sebagai obat kanker.

Khasiat bunga kitolod untuk mata berasal dari zat kimia di dalamnya yaitu alkoid, saponin, flavonoid dan felifenol. Sedangkan bagian yang berbahaya dan harus dihindari adalah getahnya karena mengandung racun sehingga dalam dosis tertentu bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga : Makanan Paling Enak Sedunia, Salah Satunya Nasi Goreng Indonesia

Belum ada penelitian medis yang kompeten mengenai khasiat bunga kitolod untuk mata yang bisa menjelaskan manfaat zat-zat kimiawi yang terkandung dalam bunga tanaman tersebut.

Baca Juga : 4 Menu Makanan Lezat Khas Idul Adha

Meskipun sudah terkenal di berbagai daerah, penggunaan bunga kitolod sebagai obat tetes mata herbal hendaknya tidak dilakukan secara berlebihan. Memang tidak ada larangan secara terang-terangan, namun sebagai masyarakat awam sebaiknya mengindahkan saran dan masukan dari dokter yang sudah kompeten dibidangnya

Efek Samping Bunga Kitoloid

Jika digunakan secara terus menerus tanpa terkontrol dapat membahayakan kesehatan mata, mulai dari iritasi sampai kebutaan.

Untuk menghindari bahaya bunga kitolod bagi kesehatan mata, artikel ini akan menjelskan cara menggunakan bunga kitolod secara aman sehingga anda akan terhindar dari efek samping yang berbahaya

Baca Juga : Drama Korea Paling Sedih yang Menguras Air Mata

Meneteskan air rendaman bunga kitolod ke mata secara berlebihan dapat mengakibatkan iritasi, jika iritasi sudah parah maka akan muncul nanah, dan jika terus diteteskan maka dapat mengakibatkan kebutaan. Efek samping bunga kitolod dapat muncul akibat penggunaan terus menerus dalam rentang waktu yang berdekatan, tingkat kebersihan tanaman yang buruk, dan kondisi kesehatan mata yang tidak bisa menerima zat kimiawi dalam bunga tersebut.

Baca Juga : Menu Spesial Idul Adha, Resep Sate Maranggi Sapi Empuk dan Mudah Dibuat

Bunga kitolod mengandung zat-zat kimiawi seperti alkoid, saponin, flavonoid dan felifenol yang memiliki efek samping jika terus-menerus diteteskan ke kornea mata.

Ingat, belum ada penelitian medis yang kompeten mengenai khasiat bunga kitolod untuk mata yang bisa menjelaskan manfaat zat-zat kimiawi yang terkandung dalam bunga tanaman tersebut.(Rin)

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait