Kamu Mengonsumsi Kopi Setiap Hari? Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Saat Mengonsumsi Kopi Setiap Hari

Kesehatan —Sabtu, 3 Jul 2021 12:23
    Bagikan  
Kamu Mengonsumsi Kopi Setiap Hari? Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Saat Mengonsumsi Kopi Setiap Hari
pinterest

DEPOST MALANG

Mengonsumsi kopi setiap hari mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Karena kandungan kafein pada kopi merupakan stimulan sistem saraf pusat, di mana mungkin Anda bisa menjadi kecanduan kopi.

Minuman kopi dengan beragam variasi, memang sedang digemari di semua kalangan. Mulai dari anak remaja hingga orang dewasa itu dibuktikan dengan menjamurnya coffe shop di seluruh Indonesia.

Minum yang khas dengan rasa pahit ini memang sudah banyak diteliti, baik itu manfaat atupun efek buruk daripada meminum kopi. Seperti efek baik minum kopi yang dikutip dari The Healthy, minum tiga sampai lima gelas kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson, demensia, sampai penyakit hati.

Walaupun membawa manfaat yang cukup melimpah, minum kopi setiap hari juga bisa mendatangkan efek samping yang bahaya bagi tubuh.Dampak buruk yang akan terjadi saat kamu Mengonsumsi kopi setiap hari adalah :

Timbul Masalah Pada Gusi Dan Gigi

Kopi biasanya cenderung mengandung banyak gula dan tanin yang asam. Keduanya dapat mengikis lapisan pelindung gigi (enamel) secara perlahan.Selain itu, kopi juga menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi. Jika kebiasaan ini terus dilakukan tanpa memerhatikan kebersihan gigi, masalah gigi dan gusi bisa terjadi.

Baca Juga : Ramalan Zodiak Bulan Juli 2021, cek Keberuntungan dan Cintamu Berikut Ini!

Baca Juga : Cara Menggunakan Canva Untuk Membuat Desain Menarik

                                                       pinterest


Mengancam kesehatan lambung

Jika kamu punya kebiasaan minum kopi setiap hari di waktu pagi, sistem pencernaan bisa terganggu. Apalagi jika Anda meminumnya saat perut masih kosong. Asam yang dimiliki kopi bisa memicu asam lambung.

Jadi walaupun kamu suka mengonsumsi kopi setiap hari tetap perhatikan cara sehat mengonsumsi kopi agar dapat meminimalisir efek buruk yang ditimbulkanya. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari bahaya minum kopi setiap hari adalah

Memilih waktu terbaik untuk mengonsumsi kopi
Waktu terbaik untuk minum kopi adalah siang hari. Pastikan Anda tidak meminum di atas pukul 2. Hindari pula untuk minum kopi di pagi hari saat perut kosong.

Baca Juga : Cerita Horor Pendaki Gunung yang Hilang Selama Tiga Hari di Gunung Abbo

Tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan
Seperti yang dikutip dari The Healthy, minumlah tiga sampai lima gelas kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson, demensia, sampai penyakit hati

Baca Juga : Musim Pancaroba, Begini Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat Dan Fit Saat Musim Pancaroba

Buat kopi yang lebih sehat
Kopi yang paling baik adalah kopi yang tanpa menggunakan gula. Hal ini menghindari kondisi asam di mulut jadi lebih buruk.

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait