5 Manfaat Olahraga Bulutangkis yang Wajib Kalian Ketahui

Kesehatan —Rabu, 22 Nov 2023 18:30
    Bagikan  
5 Manfaat Olahraga Bulutangkis yang Wajib Kalian Ketahui
pinterest : Istimewa

POSTMALANG-,Ada berbagai jenis olahraga permainan, salah satunya adalah bulutangkis dan olah raga ini tentu saja bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan , namun ternyata olah raga ini juga tidak hanya bersenang-senang semata karena ada banyak sekali manfaat bulu tangkis yang bisa kalian manfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Dengan mengajak patner kerja atau orang terkasih bermain bulu tangkis ternyata seru juga loh, maka dari itu kalian bisa mencoba olah raga ini dan kalian juga simak apa saja manfaat jika kalian berolahraga bulutangkis ;

 

  1. Menurunkan berat badan

Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio atau aerobik yang menguatkan otot jantung. Meningkatkan aktivitas fisik artinya meningkatkan pembakaran kalori. Bila diimbangi dengan pola makan sehat, hal ini bisa membuat kalori defisit sehingga berat badan turun dan menurunkan risiko obesitas. Bila otot jantung kuat, pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Pembuluh darah yang kuat dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

Efek ini membuat metabolisme bekerja lebih efektif sehingga sel dalam tubuh bisa membakar lemak lebih banyak selama olahraga maupun beristirahat.

 

  1. Menungkatkan kecerdasan

Studi terbitan Journal of Clinical Medicine (2018) menemukan bahwa bulu tangkis membuat tubuh melakukan banyak gerakan berbeda dengan cepat daripada berlari. Karena manfaat bulutangkis akan menungkatkan volume aliran darah ke dalam jantung dan hal ini akan mendukung fungsi otak yang berkaitan dengan memori atau ingatan.

Baca juga: 4 Sikap yang Membantu Hidupmu Terasa Lebih Tenang dan Aman

  1. Memperkuat otot dan sendi

Olahraga ini menggunakan lengan atas dan otot punggung sehingga melibatkan banyak gerakan melompat dan berlari untuk menangkis bola nya dan hal itu menggunakan kemamouan otot betis, paha , bokong , panggul dan pinggul, hal ini dapat membuat otot dan persendian menjadi lebih kuat dan fleksibel akan mencegah cedera saat berolahraga dan beraktifitas serta dapat memperluas rentang gerak tubuh.

  1. Mengendalikan gejala diabetes

Orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 dianjurkan untuk berolahraga aerobik selama 30 – 60 menit, dengan intensitas sedang hingga tinggi. Pada pasien diabetes 2, olahraga membuat sel-sel tubuh bisa menggunakan hormon insulin dengan baik.

Sel-sel tubuh bisa mengambil gula dari dalam darah dan mengubahnya menjadi energi atau menyimpannya di otot dan liver. Jadi, kadar gula darahnya tak terlalu tinggi.

Maka dari itu badminton meningkatkan kadar insulin di dalam darah sehingga gula darah bisa terkontrol. Namun, Anda perlu ingat bahwa latihan ini bukanlah menjadi pengganti pengobatan diabetes.

  1. Menjaga kesehatan mental

Bulu tangkis tidak hanya memberikan manfaat kebugaran fisik, tetapi juga bagi kesehatan mental. Hormon ini akan bekerja sama menghasilkan perasaan senang dan mengusir stres, sehingga menciptakan pikiran positif dan memperbaiki kualitas tidur. Otak akan melepaskan senyawa kimiawi yang berperan dalam mood bahagia ketika berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, dan serotonin. Maka dari itu bulutangkis sering disarankan untuk terapi tambahan untuk mengelola gejala berbagai masalah mental.

 

Dan itulah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan jika kalian senang olahraga terutama olah raga bulutangkis, semoga bermanfaat. (EricaRFeby)

Baca juga: Tangan Kesemutan Dapat Menyebabkan Stroke? Ini Dia Penjelasannya

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait