Pemandangan Menakjubkan Gua Kotak

Wisata —Rabu, 22 Sep 2021 22:58
    Bagikan  
Pemandangan Menakjubkan Gua Kotak
Pemandangan Menakjubkan Gua Kotak/Pinterest

LOMBOK, POSTMALANG


Tidak patut rasanya dipuji lagi, bahwa nyatanya Lombok atau kawasan Mandalika sudah bosan tampaknya dengan kata pujian, gelengan kepala takjub, hingga rasa syukur karena memilikinya di tanah ibu pertiwi ini. Bukan bermaksud apa–apa, namun tentu sudah pasti kita pahami semua betapa indahnya kawasan seantero Lombok ditambah kehangatan alam yang begitu cantik memesona. Gili, pantai, air terjun, dan ah tolong lah Sobat dePost Mandalika, jangan disebut lagi.

Tentu, tentu. Selain dompet Mimin ini yang belum cukup tebal, nyatanya pandemi juga masih tampak enggan hengkang dari bumi. Entah bagaimana dia bisa begitu secintanya dengan planet kita ini. Mengapa ia tidak terbang dan hengkang saja ke neptunus atau tergelincir berputar-putar di cincinya saturnus. Atau mungkin bisa lah kalau dia mau terbakar di panasnya Mars. Mengapa ia harus ada di bumi? Oh pandemiii.


But yeah of course orang-orang baik. Saat ini kita tentu hanya bisa berdoa saja semoga pandemic ini segera berlalu cepat dan tentu, bukan sebuah kesalahan jikalau kita berupaya menghibur dan meningkatkan imunitas diri ya walaupun seenggaknya dengan memandangi alam lewat gambar virtual seperti indahnya aneka kekayaan bahari di Lombok atau yeah kawasan Mandalika ini.
Seperti yang dapat Sobat lihat di atas berdasarkan judul tulisan kita  kali ini adalah membahas Gua Kotak.

Baca juga: Menolak Lupa Mitos Hantu Tuselak

Baca juga: Bagi Yang Suka Tomyam Thailand Kalian Boleh Coba Resep Menarik Ini


Yaps, benar. Gua Kotak, Sobat Jadi ini tuh goa unik yang dari dalamnya pun kita bisa duduk lesehan (ya iya dong masak pakai tangga emang mau pasang tenda pernikahan, ekekek maaf garing). Tapi benar nih Sobat dePost Mandalika, bahwa dari dalam gua Kotak ini ketika kita bisa selonjoran, kita juga bisa dihadapkan dengan birunya air laut dan pesona sejuknya nyiur di bibir pantai.

Tolong deh, jangan bilang Sobat dePost di sini sukanya ke gili-gili saja, atau pantai-pantai mulu, atau ya sukanya nanjak gunung terus. Coba dong sekali-kali menjenguk aneka gua-gua di sana. Salah satunya ya Gua Kotak ini yang tentu dari mulut guanya itu bisa kita lihat memang berbentuk kotak, bukan berbentuk bulat seperti gua-gua lain pada umumnya.


Nah, untuk lokasinya ini sendiri ya, harus Sobat catat nih. Ini tuh terletak di Dusun Gerupuk tepatnya merupakan sebuah kawasan yang masuk dalam area ekonomi khusus atau ya KEK Mandalika, provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kalau kita telusuri dari garis sejarahnya sendiri ya, ini gua tuh ternyata hasil dari sebuah pekerjaan dari beberapa roang lho Sobat dePost Mandalika! Iya, jadi dulunya tuh dipercaya oleh masyarakat setempat bahwa di area ini ada sejumlah orang yang melakukan penggalian di area punggung bukit demi mendapatkan beberapa bongkah emas.


Nah, dari kerjaan mereka ini ternyata later justru muncul gua Kotak ini. Gua ini juga yang kemudian dilihat dari posisi dan bentuknya ayng unik memang menembus kedua sisi bukit yang berdiri di sana. Indahlah pokoknya!
Tahu nggak Sobat kalau nyatanya Gua Kotak ini memiliki panjang sekitar 6 meter lho dengan lebarnya sekitar 3 meteran dan ia tuh tersusun dari aneka bebatuan dan padas putih kekuningan.

Baca juga: Resep Unik Cara Membuat Dessert Box Biskuit Kekinian

Baca juga: Inilah Kumpulan Puisi Paling Berpengaruh Karya Samsul Manux


Keren ah! yah, meski belum diyakini ada jejak peninggalan masa tua alias zaman purba di gua ini ataupun aneka stalakmit dan stalaktif, namun beberapa kerang laut di lantai dan dinding gua ini turut menandakan lho bahwa gua ini punya nilai budaya tersendiri termasuk perubahan zaman yang cukup gencar, sebab tampak sekali dari kerang-kerang tersebut menandakan bahwa pasang dan surut air laut sering terjadi di sini.

Pokoknya keren deh ini gua. Tingginya nggak tinggi-tinggi amat, hanya sekitar 2,5 meter tapi dari gua ini Sobat bisa menyaksikan ke berbagai penjuru kombinasi panorama lainnya di Lombok seeperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan dan bahkan Pantai Batu Payung dari kejauhan!


Sumber : depostbatam.com



Editor: Syahrul
    Bagikan  

Berita Terkait