Makanan Khas Palembang Enak, Gurih, Wajib Coba

Kuliner —Jumat, 16 Jul 2021 15:17
    Bagikan  
Makanan Khas Palembang Enak, Gurih, Wajib Coba
pinterest

MALANG, DEPOSTMALANG

Kota Palembang yang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Kota Medan ini, memiliki banyak makanan khas Palembang yang enak, gurih, dan wajib coba.

Kota Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan yang sering disebut Sumsel. Provinsi Sumatera Selatan ini juga kaya dengan akan sumber daya alam dan kaya akan makanan khas Palembang dengan cita rasa gurih dan enak.

Kota terpadat setelah kota medan ini pernah menjadi ibukota kerajaan bahari budha terbesar di Asia Tenggara yaitu kerajaan Sriwijaya. Kota ini dikenal julukan “Bumi Sriwijaya.”

Buat kamu pecinta kuliner bisa coba beberapa makanan khas Palembang yang enak dan gurih ini. Berikut beberapa makanan khas Palembang.

1. Pempek

Sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Palembang yang satu ini. Makanan yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan yang ditambahkan tepung kanji. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pempek ini seperti ikan tenggiri, telur, bawang putih, penyedap rasa, garam dan adonan lainnya.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh di Kota Malang Terbaru, Paling Lengkap dan Favorit

Baca Juga : Cerita Horor Sempat Viral Sewu Dino atau Seribu Hari Bagian 4, Lukisan Seorang Wanita dengan 2 Kepala Bayi

                                                  pempek (pinterest)

Pempek memiliki banyak jenis seperti kapal selam, lenjer dan adaan. Pempek disajikan dengan saus khas khusus bernama cuko atau cuka yang terbuat dari campuran gula merah, cabai, bawang putih, garam, dan udang ebi.

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang paling banyak disukai.

2. Kemplang

Kemplang merupakan kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri atau ikan gabus. Kemplang memiliki rasa renyah dengan rasa ikan yang khas.

Bagi kalian pencinta wisata kuliner bisa menemukan Kemplang di pasar-pasar tradisional di pelembang. Kemplang juga banyak terdapat di Lampung dan Bangka Belitung.

Baca Juga : Resep Masakan, Cara Membuat Bakpau isi Coklat Khas Malang

                                     kemplang (pinterest)

Baca Juga : 7 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh di Kota Malang Terbaru, Paling Lengkap dan Favorit

Kemplang yang artinya dipukul ini terbuat dari campuran tepung tapioca dan ikan giling. Kerupuk Palembang yang digoreng hingga mengembang ini bisa disajikan langsung dan ada pula yang dibakar terlebih dahulu.

3. Tekwan

Makanan khas Palembang yang satu ini banyak digemari masyarakat, Tekwan. Selain pempek, makanan yang paling terkenal di Palembang adalah tekwan.

                              tekwan (pinterest)

Baca Juga : Sejarah Hewan Qurban Berawal dari Kisah Nabi Ibrahim Menyembelih Anaknya Sendiri

Tekwan merupakan olahan dari bahan utamanya terbuat dari ikan dengan ditambah tepung tapioka. Makanan khas Palembang ini disajikan dengan bakso ikan, mie putih, potongan jamur kuping, irisan bengkoang yang dicampur dengan kuah dari udang dan ditambah dengan daun bawang atau seledri.

4. Model

Model yang terbuat dari adonan yang sama dengan pempek kapal selam yang dicampur dengan kuah. Kuah model biasanya dibuat dari kaldu udang.

Model biasanya dicampur dengan bihun, timun dan ebi. Bahan-bahan lainnya untuk membuat  model adalah ikan tenggiri, tahu cina, tepung sagu, telur, serta disajikan dengan kuah kaldu udang.

Baca Juga : Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau

Model mirip dengan Tekwan yang berbeda model menggunakan tahu cina. Model juga bisa ditemukan di penjual kaki lima, atau direstoran yang ada di Palembang.

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait