8 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Kesehatan —Rabu, 3 Nov 2021 10:54
    Bagikan  
8 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi
Ilustrasi Kesehatan Mental/pinterest

Pada masa pandemi seperti ini, banyak orang khususnya para remaja yang merasa kesehatan mentalnya terganggu. Banyak aktivitas yang dibatasi sehingga mereka tidak bisa bebas mengekspor hal yang mereka sukai. Salah satunya adalah untuk berkumpul dan bermain dengan teman di luar rumah, karena adanya pembatasan dalam berkumpul. Untuk itu, ini dia 8 cara menjaga kesehatan mental agar tetap aman pada masa pandemi.

  1. Kurangi Asupan Berita

Membaca berita tentu saja sagat diperlukan untuk mengetahui perkembangan yang ada di sekitar kita. Baik soal kehidupan sehari-hari maupun kabar tentang pandemi yang sedang kita alami. Tapi ada baiknya untuk mengurangi sedikit membaca berita tentang pandemi. Baca berita secukupnya, cari informasi yang memang dibutuhkan. Dengan begitu kita tidak merasakan cemas yang berlebihan tentang apa yang kita baca.

  1. Habiskan Waktu Bersama Keluarga

Meluangkan waktu bersama keluarga juga berdampak baik bagi kesehatan mental kita. Menghabiskan waktu bersama di dalam rumah dengan memasak, berbincang atau pun menonton film bersama dapat membuat kita lebih santai dan tenang.

  1. Bercerita

Tentu saja kita memiliki banyak kecemasan jika melihat keadaan saat ini. Banyak pemikiran buruk yang bersarang di kepala. Kebanyakan pasti memendam itu sendiri dan membuatnya menjadi cemas tak menentu. Ada baiknya kita bercerita kepada seseorang yang dipercaya. Mengeluarkan segala keluh kesah dan keresahan yang dirasa. Dengan bercerita, ada sedikit rasa lega dan sedikit beban yang terangkat dari bahu.

Baca juga: Melihat Keindahan Kota Tua Semarang

Baca juga: Wisata Air Jungle Toon Waterpark Semarang yang Segar

  1. Batasi Konsumsi Alkohol

Sebagian orang yang merasa stress lebih memilih mengkonsumsi minuman beralkohol atau pun merokok. Tapi sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol maupun merokok.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur tidak hanya baik bagi kesehatan fisik tubuh kita, tapi juga dapat membuat mental kita sehat dengan berbagai zat gizi yang terkandung di dalamnya.

  1. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Berolahraga dengan rutin walau hanya sebentar sangat berdampak bagi kesehatan mental dan fisik. Jika berolahraga kita merasakan tubuh dan pikiran kita bersih dan sehat, itu berdamak baik bagi kesehatan mental.

  1. Lakukan Hobi

Beberapa orang memiliki hobi yang harus dilakukan diluar rungan. Tapi kita juga bisa mencari hobi baru yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Beberapa diantaranya adalah bermain gitar, merajut, memasak atau pun merakit lego. Mencoba hal baru juga bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan memiliki dampak yang baik bagi kesehatan mental.

  1. Self-talk

Selain bersosiali dengan orang disekitar kita, berkomunikasi dengan diri sendiri juga penting. Bagaimana kita menyikapi masa pandemi ini berawal dari diri sendiri. Dengan self-talk kita bisa lebih tahu tentang diri kita. Apa yang membuat kita nyaman, bahagia, senang, juga apa yang tidak kita sukai, yang membuat kita sedih, marah. Semua bisa diatasi pelan-pelan dengan berkomunikasi dengan diri sendiri./Reg.

Baca juga: 5 Fakta dan Mitos Tentang Kesehatan

Baca juga: Hypersomia Adalah Kondisi Dimana Orang Yang Sudah Tidur Lama Namun Masih Merasa Lelah


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait