Hypersomia Adalah Kondisi Dimana Orang Yang Sudah Tidur Lama Namun Masih Merasa Lelah

Kesehatan —Senin, 1 Nov 2021 09:57
    Bagikan  
Hypersomia Adalah Kondisi Dimana Orang Yang Sudah Tidur Lama Namun Masih Merasa Lelah
Lelah Walaupun Sudah Tertidur Lama/m.kompas.com

Rasa kantuk yang tak tertahankan dapat menghambat produktivitas kita sehari-hari. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mudah mengantuk, mulai dari kurang tidur, kelelahan, hingga kondisi medis tertentu.                   

Girls, ketika kamu merasa sudah tidur cukup setiap malamnya.. seharusnya saat bangun tubuh merasa segar, bukan? Seperti halnya banyak disarankan untuk kesehatan, bahwa orang dewasa tidur sebaiknya selama 6-8 jam setiap harinya.

Jadi mengapa ketika kamu sudah mendapatkan tidur yang cukup (atau bahkan lebih!), namun masih merasa sulit saat membuka mata di pagi hari? Menurut seorang sleep expert Dr Nerina Ramlakhan, penyebabnya bisa saja ternyata kamu tidur terlalu banyak – dan secara medis kondisi ini disebut: hypersomnia.

Dr Ramlakhan menjelaskan juga bahwa hypersomnia bisa menyebabkan “rasa kantuk berlebihan”. Tidak hanya itu, hypersomnia juga membuat orang yang mengalaminya sulit untuk terbangun di pagi hari, merasa cemas, dan sulit untuk berpikir jernih.

Hal lainnya yang tidak kalah membingungkan dari hypersomnia adalah ini dapat terjadi bahkan ketika kamu sudah tidur nyenyak atau tidur dalam waktu yang lama. “Meski begitu, perlu diingat bahwa tidur malam yang baik bukan selalu tentang tidur selama 7-8 jam saja,” tukas Dr Ramlakhan. “Ini juga tentang klasifikasi tidur yang baik, berkualitas, atau tidur lelap.” Remember: yang terpenting tetaplah kualitas, bukan kuantitasnya saja.

Terkadang orang yang tidur lama berpikir bahwa mereka sudah tidur dengan baik, tetapi Dr Ramlakhan menekankan “terlalu banyak tidur dapat menimbulkan masalah baru dan salah satunya berpotensi menyebabkan kecelakaan serius dan cedera terkait pekerjaannya.

Baca juga: Negeri Peri di Hutan Pinus : Tempat Wisata Seribu Batu Songgo Langit di Jogja

Baca juga: Lakukan Hal Berikut ini, Untuk Hilangkan wajah Kusam dan Tampil Cerah Bersinar!

“Beberapa penderita hypersomnia juga terobsesi membutuhkan lebih banyak waktu tidur, padahal fakta sebenarnya kurang tidur bukan menjadi satu-satunya penyebab rasa lelah berlebihan,” ujarnya.

1.masalah kejiwaan

Mudah mengantuk juga bisa disebabkan oleh masalah pada kondisi mental, emosional, atau psikologis Anda, misalnya ketika Anda merasa bosan. Akan tetapi mudah mengantuk juga bisa menjadi gejala dari beberapa gangguan kejiwaan tertentu, seperti gangguan cemas, stres berat, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

2.efek samping obat-obatan

Beberapa jenis obat, seperti obat tidur, obat penenang, dan obat antihistamin, dapat menimbulkan efek samping yang bisa membuat Anda mudah mengantuk setelah mengonsumsinya. Selain obat, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa membuat Anda mudah mengantuk.

3.penangan untuk kondisi susah tidur

Kesulitan tidur seringkali juga bisa disebabkan oleh masalah emosional yang berat. Orang-orang yang mengalami depresi hampir pasti terbangun tengah malam dan tidak dapat tidur kembali. Keadaan ini tidak jarang dapat timbul secara rutin, sehingga menambah tekanan emosional pada penderitanya. Jadi, masalah emosional ini harus segera diatasi kerena bisa menjadi sebab dan akibat dari kesulitan tidur.

 

Baca juga: Pesona Keindahan Pulau Derawan, Kalimantan

Baca juga: Pesona Alam Pulau Sabuntan, Jawa Timur


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait