Lakukan Ini Agar Pagi Harimu Produktif! Inilah 5 Cara Menghilangkan Ngantuk Yang Ampuh

Lifestyle —Rabu, 25 Oct 2023 15:07
    Bagikan  
Lakukan Ini Agar Pagi Harimu Produktif! Inilah 5 Cara Menghilangkan Ngantuk Yang Ampuh
Ilustrasi bekerja produktif. (Unsplash / Austin Diestel)

POSTMALANG-, Rasa ngantuk bisa muncul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja, bahkan saat mengendarai kendaraan. Kondisi ini sering kali disertai dengan gejala sulit konsentrasi dan tidak mampu mengendalikan emosi.

Bahkan, rasa ngantuk terkadang muncul di pagi hari meskipun anda baru bangun tidur.

Ada beberapa cara menghilangkan ngantuk yang dapat Anda coba. Rasa ngantuk umumnya disebabkan oleh banyak hal, misalnya kurang tidur atau sering begadang.

Bila terus dibiarkan, aktivitas dan produktivitas sehari-hari pun akan terganggu.

 

Cara Menghilangkan Kantuk Ketika di Kantor

Berikut adalah beberapa cara yang dikutip dari halodoc.com untuk menghilangkan ngantuk yang bisa kamu coba.

 

  1. Minum Secangkir Kafein

Kopi merupakan minuman yang sering dipilih banyak orang sebagai cara untuk menghilangkan ngantuk saat bekerja. Hal itu karena minuman tersebut mengandung kafein, yang merupakan stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf.

Namun, bila kamu tidak suka kopi, masih ada beberapa minuman berkafein lainnya yang bisa kamu pilih, seperti teh hitam atau teh hijau.

Ingat, hindari minum minuman berkafein terlalu banyak ya. Sebab bisa membuatmu gelisah yang justru bisa memengaruhi tingkat produktivitas kamu.

 

  1. Tidur Siang Sejenak

Terkadang, cara menghilangkan kantuk di siang hari yang perlu dilakukan adalah dengan tidur sejenak. Bila memungkinkan, lakukan lah power nap singkat saat jam istirahat makan siang. Kamu bisa tidur dengan meletakkan kepala di atas meja.

Tidur siang selama 15 atau 30 menit bisa memberimu energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Jangan lupa untuk memasang alarm agar kamu tidak kebablasan!

Baca juga: Resep Membuat Pecel Semanggi yang Enak dan Mudah Cara Membikinnya!

 

  1. Berjalan-jalan Sebentar

Ketika rasa kantuk muncul saat bekerja, tetap duduk di tempat hanya akan memperparah hal tersebut. Jadi, cobalah bangun dari tempat dudukmu, dan pergi keluar ruangan untuk berjalan-jalan sebentar. Hal ini bisa memperlancar aliran darah dan menghilangkan rasa kantuk.

Namun, bila kamu sedang tidak bisa meninggalkan ruangan, cobalah untuk menggoyang-goyangkan kaki saat duduk. Atau kamu bisa berjalan mondar-mandir di dalam ruangan.

  1. Stretching

Selain mondar-mandir di dalam ruangan, melakukan stretching sederhana juga bisa menjadi cara menghilangkan kantuk. Cara ini bisa kamu lakukan bila kamu sedang tidak bisa meninggalkan pekerjaan.

Meregangkan lengan ke samping secara bergantian, atau menekuk leher ke samping dan memutarnya, bisa mengendurkan otot yang tegang dan menjaga aliran dan tubuh tetap berenergi.

 

  1. Dengarkan Musik Bertempo Cepat

Bekerja di tempat yang sepi juga bisa memperparah rasa kantuk. Karena itu, mendengarkan musik, khususnya yang bertempo cepat dan ceria, bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantuk yang bisa kamu coba.

Merasa lelah dan mengantuk saat bekerja adalah hal yang wajar. Namun, bila kamu sering merasanya, bahkan setelah tidur yang cukup di malam hari, atau merasa lelah setelah tidur, hal itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. (Siska Septiani)

Baca juga: Simak! Inilah 5 Makanan Supaya Bisa Membuat Fokus Bekerja dan Belajar

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait