Perbedaan TOEFL, IELTS dan TOEIC

Pendidikan —Jumat, 19 Nov 2021 09:20
    Bagikan  
Perbedaan TOEFL, IELTS dan TOEIC
image/pinterest

POSTMALANG

Kalian pasti sudah tidak asing dengan kata TOEFL, IELTS dan TOEIC. Ketiganya adalah sebuah tes berbahasa Inggris untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang ingin belajar atau bekerja di luar negeri.

Jika kalian mengikuti salah satu atau pun ketiga tes tersebut, kalian akan mendapatkan nilai dalam bentuk sebuah sertifikat yang berlaku selama dua tahun. Tapi, apa kalian tahu perbedaan dari ketiganya? Yuk kita cari tahu!

DEFINISI

  1. TOEFL

TOEFL adalah singkatan dari Test of English Foreign Language. Tes ini adalah jenis tes berbahasa Inggris yang dijadikan standar dalam untuk melamar pekerjaan dan melanjutkan pendidikan. Setifikat tes ini bisa digunakan untuk universitas di dalam dan luar negeri.

  1. IELTS

IELTS singkatan dari International English Language Testing System. Tes ini bertujuan untuk menguji tingkat kemahiran berbahasa Inggris seseorang. Hasil tes ini juga berupa sertifikat yang bisa digunakan untuk bekerja mau pu melanjutkan pendidikan di luar negeri. Selain itu, hasil tes ini juga biasanya digunakan untuk pembuatan visa luar negeri.

  1. TOEIC

TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International Communication. Tes ini bertujuan untuk mengukur standar penguasaan berbahasa Inggris pada lingkup kerja yang ada di seluruh penjur dunia. Tes ini lebih dipergunakan untuk keperluan pekerjaan. Itulah sebabnya TOEIC biasanya menjadi salah satu tahapan yang harus kalian lewati jika ingin bekerja di perusahaan multinasional.

TOEIC juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti mendaftar beasiswa. Ada beberapa beasiswa yang mengharuskan pendaftarnya melakukan tes TOEFL, IELTS dan TOEIC sebagai salah satu syaratnya.

 

Kalian yang masih bingung dengan perbedaan antara ketiga tes di atas, mari kita lihat tujuan dari masing-masing tes tersebut. Ini juga berguna bagi kalian untuk menentukan akan mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris ini sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca juga: 5 Pulau Mistis di Indonesia yang Konon Sering Terjadi Penampakan Masalalu

Baca juga: Cara Memasak Daun Kelor Dengan Sejuta Manfaat

TUJUAN

  1. TOEFL

Tes TOEFL diperuntukkan bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Biasanya tes ini digunakan untuk persyaratan di sekolah atau universitas berbasis English – American.

  1. IELTS

Hasil dari tes IELTS diperuntukkan bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke negara-negara yang berbasis English – British. Tapi untuk saat ini, tes IELTS bisa digunakan hampir di seluruh universitas dan sekolah di dunia.

  1. TOEIC

Tes TOEIC ini digunakan untuk mengukur kemahiran berbahasa Inggris seseorang pada level intermediate (menengah) dan advance (lanjutan). Tes ini juga bertujuan untuk mengetes kemampuan bahasa Inggris untuk kebutuhan pekerjaan.

 

Nah itu dia perbedaan antara TOEFL, IELFS dan TOEIC yang perlu kalian ketahui. Kalian bisa mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan kalian. Semoga bermanfaat!/Reg.

Baca juga: Menjelajahi Wisata Kebun Apel Malang

Baca juga: Tempe Mendol Khas Malang


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait