Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

Pendidikan —Selasa, 6 Jul 2021 05:28
    Bagikan  
Manfaat Dzikir Pagi dan Petang
ra

MALANG, DEPOST MALANG

Dzikir pagi dan petang sangat baik untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Dzikir pagi dan petang merupakan cara sederhana untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT, Dzikir pagi dan petang disunahkan untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Dzikir pagi dan petang salah satu ibadah untuk terus mengingat Allah yang dilakukan dengan cara menyebut dan memuji Allah dan merupakan salah satu kewajiban yang ada di dalam Al quran.

Allah berfirman dalam surat Al-Ahzab ayat 42-43 :

 

وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

هُوَ ٱلَّذِى يُصَلِّى عَلَيْكُمْ وَمَلَٰٓئِكَتُهُۥ لِيُخْرِجَكُم مِّنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِ ۚ وَكَانَ بِٱلْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا                                                                

Artinya :

Dan bertasbihlah kepadanya di waktu pagi dan sore dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikatnya memohonkan ampunan untukmu supaya dia mengeluarkanmu dari kegelapan kepada cahaya yang terang dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.

Dzikir pagi dan petang bisa dilakukan setelah salat, saat berdiam diri atau pada kesempatan apa saja, dzikir pagi dan petang bisa dilakukan pada tiap-tiap aktivitas harian. Berikut manfaat dzikir pagi dan petang.

  1. Mendapatkan perlindungan Allah

Manfaat dzikir pagi dan petang untuk mendapatkan perlindungan Allah, orang yang senantiasa memuji kebesaran Allah akan selalu terlindung dari keburukan. Dzikir juga membuka pintu keselamatan dunia dan akhirat. Dalam hadist Abu Hurairoh disebutkan bahwa “barang siapa yang mengucapkan dzikir ini di sore hari sebanyak tiga kali maka, ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut”. (hadist riwayat Ahmad nomor 290)

Baca Juga : Google Trends 2021, Mengetahui Topik yang Sedang Trending Dapat Jadi Ide Konten di Media Sosial

Baca Juga : Niat Puasa Senin Kamis, Lengkap Dengan Bacaan Arab,Latin, Terjemahan dan Keutamaannya Menurut Islam

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Dzikir merupakan salah satu amalan yang paling disukai Allah seperti disebutkan dalam hadist berikut:

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik paling suci disisi rajamu yaitu Allah dan paling mengangkat derajatmu lebih baik bagimu dan infaq emas atau perak? Para sahabat berkata, mau wahai rasulullah beliau bersabda, Dzikir kepada Allah yang maha tinggi.” (hadist riwayat At-Tirmidzi no 3377)

Berzikir juga mengingatkan kepada kehidupan setelah kematian dan selalu mengingat akan kebesarannya.

Baca Juga : Cerita Horor Hilangnya Seorang Pendaki di Gunung Guntur Garut

Baca Juga : Cerita Horor di Desa Gondo Mayit, Pengalaman Misterius Dua Orang Tersesat

  1. Akan Diberikan Segala Kecukupan

Berzikir juga bisa membuka pintu rezeki ini membuat segala urusan dunia dan akhirat terasa lancer dan mudah dilalui, saat berzikir kita akan selalu merasa bersyukur dengan segala apa yang telah dimiliki dan membuat hati selalu merasa cukup dan jauh dari perasaan tamak dan serakah.

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait