Hasil EURO 2020 - Kemenangan Dramatis Ukraina Menumbangkan Swedia

Olahraga —Rabu, 30 Jun 2021 09:09
    Bagikan  
Hasil EURO 2020 - Kemenangan Dramatis Ukraina Menumbangkan Swedia
Ukraina Menang Atas Swedia. Foto: UEFA.com

DEPOST MALANG

Euro 2020 – Ukraina secara dramatis memetik kemenangan atas Swedia. Ukraina menghadapi Swedia di Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB pada lanjutan 16 besar Euro 2020.

Pada jalannya pertandingan, Swedia memulai dengan mengambil inisiatif dan mendesak Ukraina. Peluang didapatkan di menit ketujuh, ketika Dejan Kulusevski menerima bola di dalam kotak penalti. Sepakannya diblok oleh Taras Stepanenko.

Ukraina unggul lebih dulu lewat tendangan spektakuler Oleksandr Zinchenko di menit ke-27. Ukraina berhasil menyarangkan bola di gawang Swedia melalui umpan silang Yarmolenko dari kanan diterima Oleksandr Zinchenko di sisi kiri di dalam kotak penalti. Zinchenko menyambarnya dengan tendangan voli yang tidak bisa dibendung Olsen.

Swedia berhasil menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir, tepatnya di menit ke-43 melalui sepakan Emil Forsberg. Emil Forsberg menerima bola beberapa meter di depan kotak penalti Ukraina dan melepaskan tembakan keras yang sempat membentur Illia Zabarnyi. Bushchan terkecoh dan bola masuk ke gawang. Babak pertama berakhir 1-1.

Baca Juga: Hasil EURO 2020 - Jerman Takluk 0-2 Dari Inggris

Baca Juga: Kisah Nabi Sulaiman Memindahkan Singgasana Ratu Bilqis

Pada babak kedua tidak ada gol tercipta, skor 1-1 bertahan hingga 90 menit, sehingga laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Periode pertama babak tambahan berjalan dengan lambat. 15 menit berjalan minim peluang, sementara tempo berlalu dengan lambat. Kedua tim bermain alot di babak tambahan.

Petaka untuk Swedia hadir di menit ke-98. Tekel Marcus Danielson dinilai terlalu bahaya, saat berupaya menghentikan Artem Besenin. Tekel tingginya sempat diganjar kartu kuning, tapi setelah ditinjau di Video Assistant Referee (VAR) wasit mengubah keputusan menjadi kartu merah.

Ukraina pada akhirnya mengunci kemenangan di masa injury time babak tambahan. Kemenangan dramatis didapatkan Ukraina setelah Artem Dovbyk yang merupakan pemain pengganti, berhasil mencetak gol penentu pada penghujung laga babak perpanjangan waktu tepatnya menit 120+1.

Gol tersebut membawa tim asuhan Andriy Shevchenko melaju ke perempat final dan akan menghadapi Inggris.

Editor: Hasan
    Bagikan  

Berita Terkait