Pangandaran Kini, Siap Mendunia

News —Selasa, 11 Jan 2022 23:21
    Bagikan  
Pangandaran Kini, Siap Mendunia
Wisata Pangandaran | Postpangandaran

POSTMALANG (KAB. PANGANDARAN),- Bicara Pangandaran seakan tak ada habisnya. Wisata pantai yang berada di ujung timur Jawa Barat ini, selalu dipenuhi wisatawan. Ya memang, Pantai Pangandaran tak pernah sepi peminat. Tidak hanya menggunakan angkutan bus, mobil pribadi, atau sepeda motor, masyarakat pun rela mengendarai angkutan bak terbuka untuk bisa berenang di pantai.

Bahkan selama sebulan terakhir di penghujung tahun 2021, lebih dari 250 ribu orang mengunjungi Pangandaran. Tak heran, kalau hunian hotel di akhir pekan selalu penuh. Tidak jarang rumah penduduk menjadi pilihan terakhir untuk menjadi tempat istirahat pelancong.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, buah dari penataan pantai yang dilakukan mulai tahun 2018, daya tarik Pangandaran semakin tinggi. Saat liburan akhir tahun, daerah wisatanya cukup padat.

Sekarang ini, Pangandaran memberikan banyak pilihan. Salah satunya, tempat berenang yang aman di Pantai Pananjung. Kawasannya aman dan bersih. Penjaga pantai juga selalu siaga. Mereka yang berenang bisa menyewa ban atau alat bantu lainnya. Kini, para wisatawan terlihat begitu nyaman untuk berjalan kaki maupun berenang. Tempat berenang tidak lagi beradu dengan perahu nelayan.

Baca juga: Jalankan PTM Sesuai Aturan

Dari Pantai pananjung bisa naik kapal wisata untuk ke tengah laut atau pasir puting. Di pasir puting wisatawan bisa menyelam. Tak jauh dari tempat itu ada bangkai kapal asing yang dulu digunakan mencuri ikan. Selain berenang dan main pasir, ada juga tawaran berkuda di pantai. Atau keliling jalan pantai dengan bersepeda atau naik motor trail.

Pangandaran juga punya kawasan wisata alam atau cagar alam dengan beragam jenis pohon langka dan besar, hewan liar hingga goa bersejarah.

Tawaran lain adalah Kampung Turis. Kita bisa menikmati makanan olahan laut, dengan suasana nyaman dan beragam pilihan makanan laut. “Suasananya nyaman dan makanannya enak. Penataan Kampung Turis menjadi pilihan untuk menikmati kuliner laut,” ujar Lulus, pengunjung dari Tasikmalaya.

Saat ini, antara pantai timur dengan kawasan tempat Pelabuhan Cikidiang telah terhubung. Nantinya di daerah pelabuhan akan ada akuarium besar milik Kementrian Kelautan dan Perikanan. Harapan Jeje tahun 2022 bisa dibuka.

“Penataan akan kita teruskan, agar kawasan ini mendunia,“ kata Jeje. Tak lupa dirinya mengingatkan agar wisatawan selalu menjalankan protokol kesehatan.

Bahkan, menurut Kepala Dinas Pariwisata Pangandaran Tonton, setelah pandemi berakhir, setiap bulan direncanakan ada event sebagai bagian dari daya tarik wisata Pangandaran.* - SHA

Baca juga: Bulan Dana PMI Galang Lebih dari 1,8 Miliar

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait