Jadwal Pencairan Insentif Kartu Prakerja Bagi yang Lolos Tes, Total Insentif Rp 750.000

News —Rabu, 26 Aug 2020 12:10
    Bagikan  
Jadwal Pencairan Insentif Kartu Prakerja Bagi yang Lolos Tes, Total Insentif Rp 750.000
Tribunjabar.id

Terasjabar.id - Para pendaftar Kartu Prakerja gelombang 5 kini tengah menanti pengumuman kelulusan yang akan dilakukan beberapa hari ke depan.

"Pengumuman akan diberikan dalam satu sampai dua hari ini," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada Kompas.com, Selasa (25/8/2020).

Nantinya, akan ada 800.000 orang yang berhak menerima Kartu Prakerja gelombang 5.

Penerima Kartu Prakerja tersebut merupakan daftar kelompok prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, para penerima Kartu Prakerja gelombang 4 saat ini memiliki waktu satu bulan untuk mengembangkan diri melalui pelatihan yang telah disediakan.

Lantas, kapan insentif Kartu Prakerja akan turun?

Dalam laman Prakerja.go.id, disebutkan ada dua jenis intensif yang akan diberikan penerima Kartu Prakerja, di luar bantuan pelatihan.

Pertama, intensif pelatihan yang besarannya sesuai dengan anggaran tahun 2020, yaitu Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.

Kedua, insentif survei keberkerjaan yang besarannya Rp 50.000 per survei, akan ada tiga kali survei. 

Insentif pelatihan akan turun jika penerima Kartu Prakerja telah menyelesaikan pelatihan dan ditandai dengan adanya serifikat.

Apabila penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif pelatihan hanya diberikan pada saat pelatihan pertama selesai.

Perlu diketahui, tak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya. Insentif tersebut juga akan diberikan ketika peserta telah memberikan ulasan dan penilaian terhadap lembaga pelatihan.

Selain itu, peserta akan menerima insentif jika berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun Kartu Prakerja.

Penyaluran insentif akan dilakukan maksimum 7 (tujuh) hari kerja setelah semua persyaratan di atas terpenuhi.

Sementara insentif survey akan diterima jika peserta Kartu Prakerja telah mengisi survei di akun https://www.prakerja.go.id.

Peserta bisa mengecek apakah insentif tersebut sudah turun atau belum melalui akun dashboard di laman Prakerja.go.id.

Hingga saat ini, tercatat sudah ada sekitar 1.480.000 peserta yang meneria manfaat Kartu Prakerja.

Rinciannya adalah 168.111 peserta gelombang 1, 288.154 peserta gelombang 2, dan 224.615 peserta gelombang 3, dan 800.000 gelombang 4.

(Tribunjabar.id)

Editor: Kashmirx
								
    Bagikan  

Berita Terkait