Nyesel Baru Tahu Sekarang, Berikut 5 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Yang Belum Banyak Orang Tahu

Kesehatan —Jumat, 2 Jul 2021 12:31
    Bagikan  
Nyesel Baru Tahu Sekarang, Berikut 5 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Yang Belum Banyak Orang Tahu
@CreativeMarket

DEPOST MALANG

Tidak menjadi rahasia lagi jika Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Salah satunya Jahe, Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat.

Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah

Kebanyakan orang menganggap jahe hanya untuk menghangatkan tubuh saja. Padahal masih banyak lagi manfaat jahe bagi kesehatan bahkan sampai penyakit kronis.

Berikut 5 manfaat jahe bagi kesehatan yang belum banyak orang tahu yang telah dirangkum oleh DepostMalang dari berbagai sumber :

1. Melindungi Dari Penyakit Kanker

Kandungan gingerol pada jahe berperan dalam mencegah kanker dalam tubuh dan juga memberikan rasa jahe yang unik. Pada percobaan yang dilakukan oleh University of Minnesota sekelompok tikus yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar, sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalami pertumbuhan tumor. Sampai pada hari ke 49 penelitian, seluruh tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati.

Baca Juga : Deretan Aplikasi Pencuri Data, Segera Hapus Aplikasi Android Ini Dari Ponselmu Jika Tidak Ingin Datamu Dicuri

2. Mencegah Penyakit Kulit

Mengonsumsi jahe dapat Memicu keluarnya keringat. Berkeringat juga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Baca Juga : Sudah Tau Apa Belum ? Ini 7 Kuliner Khas Kota Malang Yang Terkenal Enak dan Bikin Nagih

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Buat kaum laki laki yang merasa tingkat kesuburannya kurang, kalian bisa mencoba untuk mengonsumsi jahe. Jahe dipercaya dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron yang dapat meningkatkan kesuburan pria.

4. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat jahe tak hanya untuk kaum laki laki saja, Manfaat jahe juga dapat dirasakan oleh para kaum wanita saat sedang datang bulan. Rutin mengonsumsi air jahe bisa membantu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi.

Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk meredakan nyeri, cobalah untuk mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut disebut mampu memberi efek menenangkan dari nyeri.

Baca Juga : 6 Makanan Khas Malang yang Penuh dengan Kenangan

Baca Juga : Valentino Rossi Diharapkan Bisa Berduet Dengan Luca Marini di Aramco VR46 Pada MotoGP 2022

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jahe juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Mengonsumsi jahe dapat mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung. Jahe yang ditambahkan dalam makanan pun juga berfungsi untuk mencegah keracunan makanan akibat bakteri.

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait