Gelombang Cinta, Tanaman Hias Termasuk Jenis Anthurium, yang Paling Populer dan Dijadikan Tanaman Termahal di Indonesia

Hiburan —Jumat, 25 Jun 2021 15:50
    Bagikan  
Gelombang Cinta, Tanaman Hias Termasuk Jenis Anthurium, yang Paling Populer dan Dijadikan Tanaman Termahal di Indonesia
pinterest

Depost Malang

Tanaman hias gelombang cinta menjadi salah satu jenis Anthurium yang paling populer khususnya bagi penggemar tanaman hias di Indonesia. Tanaman ini termasuk dari keluarga araceae tanaman yang memiliki daun unik, bergelombang yang berwarna hijau tua.

Beberapa tahun lalu, tanaman ini sempat menjadi sangat terkenal dan mencapai harga ratusan juta rupiah. Gelombang cinta atau dikenal juga dengan sebutan si raja daun ini pun menjadi primadona di tahun 2008.

Tanaman hias gelombang cinta merupakan tanaman hias yang sangat digemari oleh para raja jawa pada zaman kuno. Ada dua jenis gelombang cinta yaitu, gelombang cinta daun dan gelombang cinta bunga. Tanaman ini memiliki daya tarik yang sangat unik dari bentuk daun dan memiliki keragaman bunga.

Gelombang cinta atau tanaman Anthurium ini berkembang pesat di daerah yang beriklim tropis, seperti di sebagian Benua Amerika, dan Benua Asia termasuk di Indonesia. Diperkirankan spesies Anthurium telah mencapai lebih seribu jenis.

Di Indonesia, Anthurium yang paling digemari konsumen antara lain, Anthurium jemani, Anthurium Hokeri, Anthurium Plowmani Croat, yang dikenal sebagai Anthurium Gelombang Cinta, Anturium Superboom dan Anthurium Neo dan jenis hybrid lainnya.


                                                                                                                                 pinterest

Baca Juga : Selebgram Indonesia Denise Chariesta Saling Sindir di Tik Tok dengan Uya Kuya Hingga Ribut dengan Dewi Perssik

Baca Juga : Film Fast & Furious 9, Sinopsis Mengisahkan Tentang Pertarungan Dominic Toretto dengan Jakob Menceritakan Masa Lalu

Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik, mulai dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian sampai 1400 m dpl. Tanaman ini membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup sekitar 30%-60%. Intensitas cahaya yang terlalu tinggi, bisa menyebabkan tanaman ini menguning dan warna memudar.

Baca Juga : Manfaat Wortel Selain Untuk Menjaga Kesehatan Mata, Wortel Dapat Menurunkan Kolestrol, Kandungan Gula yang Rendah Baik Untuk Penderita Diabetes

Tanaman gelombang cinta memiliki ciri-ciri morfologi tanaman yaitu pada bagian akar tanaman memiliki perakaran yang banyak, akar berwarna putih yang pertumbuhan akarnya menyebar ke segala arah. Pada bagian tanaman ini memiliki jenis batang yang tidak terlihat.

Baca Juga : Tanaman Hias Kaktus Dapat Tumbuh Paling Lama Tanpa Air dan Cara Merawat Kaktus Agar Tetap Hidup

Bagian batang yang tidak terlihat dikarenakan tanaman gelombang cinta merupakan jenis tanaman yang berpembuluh, akan tetapi jika tanaman tersebut telah tumbuh besar maka batang tanaman tersebut memiliki bentuk batang yang berbuku-buku, tidak berkayu, serta memiliki kandungan air.

Pada bagian daun tanaman gelombang cinta tersusun kompak serta tebal yang memiliki bentuk daun tanaman yang beraneka ragam. Pada bagian permukaan daun tanaman tersebut memiliki permukaan daun yang mengkilat yang terdapat guratan pada daunnya dengan ukuran panjang 10-30 cm.


Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait