Bertahan di Liga 1, Persaingan Sengit Antara Barito, Persipura dan Persela

Sepak Bola —Minggu, 13 Mar 2022 12:02
    Bagikan  
Bertahan di Liga 1, Persaingan Sengit Antara Barito, Persipura dan Persela
Tim Persipura BRI Liga 1 Tahun 2022.* (FOTO : Instagram @persipurapapua1963)

POSTMALANG,- Pertandingan BRI Liga 1 tidak terasa tinggal beberapa pertandingan lagi.  Selain perebutan juara yang ketat di papan atas, persaingan untuk tidak terdegradasi ke liga 2 di papan bawah juga cukup sengit.

Ada 4 tim yang berpotensi untuk turun kasta ke Liga 2, yaitu Persiraja Banda Aceh, Persela Lamongan, Persipura Jayapura dan Barito Putera. Dari 4 tim tersebut, ada 3 klub yang sudah berada di zona merah yaitu : Persiraja Banda Aceh, Persela Lamongan, dan Persipura Jayapura.

Yang pertama, Persiraja dengan raihan 13 poin dari 30 pertandingan.  Wakil dari Aceh ini sepertinya tim yang sudah memastikan tiket ke Liga 2 karena poin yang cukup jauh dan berada di posisi paling dasar di klasemen yaitu di posisi ke-18.  

Dari 30 pertandingan, Laskar Rencong hanya menang 2 kali, seri 7 kali dan mengalami kekalahan sebanyak 21 kali. Ini menjadi catatan terburuk dari klub lainnya.  Di 3 sisa pertandingannya Persiraja harus menghadapi Borneo, Persikabo dan PSM Makassar. Jika meraih kemenangan di semua laga sisa Persiraja hanya mampu meraih 22 poin. Jadi sepertinya Laskar Rencong harus mempersiapkan diri turun ke Liga 2 pada tahun depan.

Baca juga: Selamat! Gading Marten Diumumkan Sebagai Presiden Klub Persik Kediri

Di atas Persiraja, ada Persela LamonganLaskar Joko Tingkir saat ini berada di posisi 17 dengan raihan 20 poin dari 30 pertandingan, mengalami 16 kekalahan, 11 hasil seri dan hanya meraih 3 kemenangan.

Tim Persela Lamongan BRI Liga1 Tahun 2022.* (FOTO: Instagram @perselafc)

Klub kebanggaan warga Lamongan ini bisa saja tidak terdegradasi jika Barito terus mengalami kekalahan di semua laga sisa, dan Persela menyapu bersih 3 laga sisa dengan kemenangan. Dengan itu Persela bisa meraih 29 poin dan unggul 1 poin saja dari Barito yang berada di pos 15 (posisi aman).

Tim ketiga yaitu Persipura Jayapura. Tim Mutiara Hitam merupakan tim yang paling banyak menjuarai Liga 1 Indonesia, jadi sangat disayangkan jika mereka harus terdegradasi ke Liga 2. Tim dari Papua itu hanya meraih 6 kemenangan dari 30 laga dengan meraih 24 poin.  Persipura harus meraih kemenangan di 3 laga sisanya jika tidak ingin degradasi. Jadi total poinnya menjadi 33. Tapi juga harus berharap kekalahan dari Tim Barito Putera.

Lalu satu tim yang berada di posisi aman tapi tidak terlalu aman yaitu Barito Putera yang berada di posisi 15, satu tangga di atas zona merah. Laskar Antasari harus bisa menang di semua laga sisa jika tidak mau turun kasta.  Jika tidak, bisa saja posisi nya diamankan oleh Persipura dan Persela.

Persaingan memperebutkan 1 tempat untuk tetap berada di Liga 1 tersisa antara 3 klub yaitu Barito, Persipura dan Persela. Siapakah 2 tim dari 3 klub itu yang harus terdegradasi di awal musim nanti?* (RENALDI)

Baca juga: Jabar sebagai Sentra Pembinaan Talenta Muda Olahraga Nasional

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait