Daftar Pesepakbola Indonesia yang Bermain di Liga Jepang, Siapa Saja?

Sepak Bola —Kamis, 3 Mar 2022 09:59
    Bagikan  
Daftar Pesepakbola Indonesia yang Bermain di Liga Jepang, Siapa Saja?
Pratama Arhan bergabung dengan Tokyo Verdy berlaga di Liga Jepang.* (FOTO: Instagram @pratamaarhan8)

POSTMALANG,- Pratama Arhan merupakan pemain terbaru yang akan bermain di Liga Jepang atau J League. Arhan merupakan pemain dari PSIS dan juga andalan Timnas Indonesia.  Ia direkrut oleh Klub asal Jepang Tokyo Verdy yang bermain di J League 2 yang merupakan kasta kedua Liga Jepang, (16/02/2022).

Arhan dikontrak selama 2 tahun oleh Tokyo Verdy.  Meskipun bermain di kasta liga kedua, Tokyo Verdy merupakan klub yang terkenal di Jepang karena penah menjuarai Liga Jepang sebanyak 7 kali, namun terdegradasi pada musim 2008 dan belum bisa tampil di kasta tertinggi lagi.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri dan mempunyai ciri khas lemparan jauh ini ternyata bukan satu-satunya pemain Indonesia yang merumput di Liga Jepang, sudah ada pendahulunya, siapa saja mereka ?

  1. Irfan Bachdim

Bachdim bergabung di Klub Ventforet Kofu yang bermain di J-League 1 pada tahun 2014.  Namun ia tidak mendapatkan banyak kesempatan bermain.  Pada 2015, ia memutuskan untuk hengkang ke J-League 2 dengan klub Consadole Sapporo.  Ia hanya tampil 10 pertandingan dan memutuskan untuk menyudahi karirnya di Jepang dan melanjutkan karir di Liga Indonesia bersama Bali United. Namun saat ini Irfan bermain di Persis Solo dan berhasil membawa Persis menjadi Juara Liga 2 sekaligus promosi ke Liga 1 Indonesia.

  1. Stefano Lilipaly

Pemain Akademi FC Utrecht ini sempat merasakan Liga Jepang juga. Ia sempat bergabung dengan Consadole Sapporo di tahun 2014Namun performanya menurun saat bersama Tim Jepang tersebut.  Ia pun kembali ke Belanda dan bermain bersama SC Cambuur. Saat ini Fano bermain di Liga Indonesia bersama Bali United.

Baca juga: The Lily Whites Tersingkir oleh Middlesbrough

Baca juga: 30 Maret? Tanggal Pernikahan Son Ye Jin da Hyun Bin

  1. Andik Vermansyah

Andik sebenarnya sempat melakukan latihan dan pertandingan pramusim bersama Ventforet Kofu, lalu ia sebenarnya sudah ditawari kontrak oleh Tim Jepang tersebut.  Namun pemain yang pernah bermain dengan Persebaya itu lebih memlilih Klub Malaysia Selangor FAKini Andik sudah kembali ke Liga Indonesia dan bermain bersama Bhayangkara FC.

  1. Ricky Yakobi

Pesepakbola legendaris ini menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Jepang.  Ia direkrut oleh Matsushita SC di tahun 1988.  Bukan tanpa alasan Klub Jepang merekrut Ricky Yacobi, Ia berhasil membawa timnya menjadi Juara Galatama 1987 dan juga Top Skor lalu berhasil membawa Indonesia meraih medali emas di SEA Games 1987 cabang sepakbola.  Ia mencatat 6 penampilan dan mencetak 1 gol. Namun Legenda Timnas Indonesia itu telah berpulang pada 21 November 2020 lalu karena serangan jantung.

Arhan menjadi pemain ke-5 yang akan merasakan rumput dari Liga Jepang dan mengharumkan nama Indonesia di kancah persepakbolaan dunia.* (RENALDI)

Baca juga: Hasil Penalti 10-11, The Reds Raih Carabao Cup

Baca juga: Jalan Layang Pasupati Resmi Berubah Menjadi Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait