Ini dia Amalan Dzikir Agar Kamu Selalu Beruntung

Pendidikan —Senin, 13 Sep 2021 13:12
    Bagikan  
Ini dia Amalan Dzikir Agar Kamu Selalu Beruntung
Ini dia Amalan Dzikir Agar Kamu Selalu Beruntung | pinterest

MALANG, POSTMALANG

 

By Ustadz Slamet Susanto, Spd

 

Dzikir kepada Allah Ta'ala merupakan bekal seorang mukmin dan merupakan penghias amalnya. Seorang mukmin yang selalu berdzikir adalah mukmin yang beruntung. Sebaliknya, lalai dari dzikir termasuk tanda terhalangnya taufik Allah. Oleh karena itu termasuk orang yang rugi adalah orang yang terpedaya oleh dunia hingga lalai dari dzikir.  Allah Ta'ala berfirman :

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُلْهِكُمْ اَمْوَالُكُمْ وَلَآ اَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ ۚوَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ

 

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barangsiapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.

(QS. Al Munafiqun : 9 )

 

Dzikir merupakan amalan orang-orang yang mencintai Allah dan dicintai Allah,  Allah Ta'ala tidak hanya sekedar memerintahkan berdzikir bahkan Allah memerintah untuk banyak berdzikir sebagaimana  Allah berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 41:

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًاۙ

 

  1. Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya.

 

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Selasa 14 September 2021, Cancer Jenuh, Virgo Sedikit Tertekan

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 13 September 2021, Aries Hari Terbaik Taurus Optimis

Allah  Ta'ala juga menyanjung orang yang yang berdzikir dalam setiap keadaan dengan memberikan gelar ulul albab (QS. Ali Imran: 190 dan 191), Allah  juga menjanjikan kepada  orang yang yang senantiasa berdzikir bahwa Allah akan mengingat mereka dan menanggung mereka  serta membalas mereka dengan ampunan dan ridhonya.

Dzikir kepada Allah ta'ala adalah ketaatan yang paling utama, karena maksud tujuan dari semua ketaatan adalah untuk mewujudkan mengingat kepadaNya. Bila manusia mengingat Allah, pasti Allah akan mengingat mereka, dan ingatnya Allah kepada  manusia itu lebih besar daripada  ingatnya manusia kepada  Allah.

Balasan bagi orang yang berdzikir adalah  pahala berupa masuk surga,  dan   menaiki jenjang-jenjang tangga surga, maka sesuatu yang disesali seorang mukmin di akhirat karena lupa dari dzikir kepada  Allah ketika di dunia, sebagaimana Rasulullah bersabda artinya :

 

Tidaklah suatu kaum duduk di suatu tempat namun mereka tidak berdzikir kepada Allah  dan tidak bersholawat atas Nabi Muhammad, melainkan kelak mereka akan menyesal pada hari kiamat, meskipun mereka akan masuk surga untuk mendapatkan pahala mereka. (HR Ahmad)

 

Jadi cara yang paling baik untuk menghindari kelalaian adalah dengan memaksakan diri dan lidah untuk memperbanyak dzikir dalam setiap keadaan.

Imam Ibnul qayyim mengatakan: bahwa senantiasa berdzikir kepada Allah dalam setiap keadaan baik dengan lidah, hati, amal dan aksi nyata merupakan salah satu cara untuk meraih cinta Allah.

Lidah adalah alat untuk berdzikir sedangkan hati adalah sumbernya, sedangkan amal adalah  indikator  yang menunjukkan keserasian antara hati dan lidah.

Dzikir bentuknya beragam seperti membaca Alquran, tasbih, tahmid, tahlil, takbir, istigfar, bershalawat atas Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam dan membaca berbagai dzikir yang telah diajarkan oleh Rasulullah dalam berbagai keadaan dan aktivitas keseharian.

Semoga Allah ta'ala menjadikan kita semua termasuk golongan yang senantiasa berdzikir kepada  Allah Ta'ala. Aamiin

Baca juga: Resep Masakan, Cara Membuat Bubur Jagung Keju, Mudah dan Enak

Baca juga: Resep Makanan,Cara Membuat Nasi Goreng Oat Meal Rendah Kalori

Baca juga: Resep Makanan, Cara Membuat Cireng Bumbu Rujak Enak

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait