Daftar Museum Paling Populer di Kota Malang, Destinasi Wisata Edukasi Yang Tinggi Akan Nilai Sejarah

Wisata —Minggu, 25 Jul 2021 07:54
    Bagikan  
Daftar Museum Paling Populer di Kota Malang, Destinasi Wisata Edukasi Yang Tinggi Akan Nilai Sejarah
museum satwa (pinterest)

MALANG, DEPOSTMALANG

Kota Malang sering dijuluki sebagai salah satu kota surga wisata di Indonesia, karena menjamurnya destinasi wisata di kota ini. Beragam jenis wisata bisa kita kunjungi, sebagai destinasi liburan yang menyenangkan.

Slah satunya adalah destinasi wisata edukasi di Museum. Destinasi wisata yang tak hanya bisa kita jadikan tempat berlibur yang menyenangkan namun juga bisa menjadi tempat belajar dan menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Museum merupakan cagar budaya untuk menjaga dan melestarikan budaya masyarakat. Tidak ada salahnya jika sedang berkunjung ke Kota Malang untuk mengunjungi museum di kota ini agar dapat menambah wawasan edukasi budaya dan sejarah.

Ada berbagai museum bersejarah yang bisa kamu kunjungi di kota Malang, Berikut daftar Museum paling populer di kota Malang yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Museum Musik Dunia

Baca Juga : Cerita Horor Legenda Keranda Terbang Viral di Media Sosial Teror Lampor

Terletak di Lantai 1 Dino Mall, di jalan IR Sukarno No. 144 Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu Jawa Timur.

seperti dengan namanya museum ini merupakan area khusus dimana wisatawan bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru tentang musik. Berbagai peralatan musik baik berupa replika maupun asli dapat ditemukan di sini. Selain itu ada juga peralatan musik musisi terkenal dari seluruh penjuru dunia.

Baca Juga : Cerita Horor Sempat Viral Sewu Dino atau Seribu Hari, Seorang Wanita Tidur di Keranda Mayat

Museum ini buka dari jam 12 siang sampai dengan jam 10 malam. Jika kamu tertarik untuk mengunjunginya, kamu bisa mempersiapkan uang Rp 40.000 pada hari biasa dan Rp 50.000 untuk akhir pekan.

2. Museum Angkut

Baca Juga : 5 Film Korea Horor Terbaik, Alive Menceritakan Tentang Sebuah Wabah Misterius yang Menginfeksi Seluruh Kota

                                                        museum angkut (pinterest)

Museum angkut merupakan museum transportasi modern pertama di Indonesia. Memadukan unsur seni dan budaya yang mengusung konsep edukasi dan hiburan.

Di dalamnya terdapat kurang lebih 300 koleksi alat transportasi tradisional hingga modern. Oleh sebab itu bagi para penggemar mobil klasik maka harus menyempatkan diri datang ke sini. Museum Angkut memiliki luas sekitar 3,7 hektar. Area tersebut dibagi menjadi beberapa zona. Zona yang ada seperti zona edukasi, zona Jepang, Zona Uni Eropa serta Zona Gangster & Broadway.

Baca Juga : Kisah De Paul dan Chiesa dalam Industri Kompetisi Sepak Bola

Museum Angkut berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Buka dari jam 11.00 - 19.00 WIB. Untuk tiket masuk ke museum ini adalah Rp 80.000.

3. Museum Satwa

Museum Satwa merupakan salah satu bagian dari Jatim Park II. Museum ini menyajikan satwa satwa yang di awetkan dan fosil-fosil purba yang di datangkan dari berbagai negara diseluruh dunia, seperti Amerika, Afrika, Antartika, Eropa, Australia, hingga Asia.

Museum satwa terletak di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Buka mulai dari jam 08.30 sampai 16. 30 WIB.

4. Museum Bagong

Baca Juga : Resep Menu Sarapan Orem-orem, Makanan Khas Kota Malang

                                                                   museum bagong (pinterest)

Museum Bagong atau The Bagong Adventure Museum merupakan wisata edukasi yang sesuai untuk pembelajaran bagi anak-anak, remaja, dan dewasa. Dinamakan museum Bagong karena terlihat dari depan patung kepala Bagong, salah satu tokoh pewayangan yang paling cerdik. di museum ini kita bisa mempelajari berbagai anatomi tubuh dan sistem kerjanya.

Baca Juga : 5 Pantai Paling Indah di Indonesia yang Menyimpan Potensi Wisata Alam

Museum ini terletak di Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Buka dari jam 08.30 sampai 16.30 WIB. Untuk tiket masuk kamu harus mempersiapkan uang sebesar Rp 40.000.

5. Museum D'Topeng Kingdom

museum d'topeng terletak di pasar apung Nusantara, museum angkot, Kota Batu, Jawa Timur. Museum ini sekarang berubah menjadi nama Indonesia Heritage museum (IHM).

Baca Juga : 5 Menu Sarapan Pagi di Berbagai Negara yang Lezat, Enak, dan Menggugah Selera

D'Topeng Kingdom merupakan museum yang menyimpan benda-benda bersejarah serta menyajikan berbagai macam jejak sejarah peninggalan agama Hindu, Budha hingga agama Islam di nusantara. Wisata edukatif ini tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak, orang dewasa pun perlu tahu tentang sejarah kebudayaan bangsa.

6. Museum Tempoe Doeloe

Museum ini memiliki tema sejarah wilayah Malang, yang mencakup tema sejarah, arkeologi, Kerajaan Kanjuruhan, Mataram Kuno, Kerajaan Singasari, kerajaan Majapahit, Pertapaan Ken Arok, dan benteng Malang yang saat ini menjadi RSUD Dr Sjaiful Anwar.

Baca Juga : 5 Menu Sarapan Pagi di Berbagai Negara yang Lezat, Enak, dan Menggugah Selera

Selain itu, ada juga lorong sejarah yang berisi foto foto zaman dahulu, mulqi dari pendapa kabupaten Malang, masa penjajahan hingga pembumu hangusan Malang oleh pejuang pada 8 Maret 1949 dan peresmian alun-alun tugu oleh Insinyur Soekarno.

Museum ini berlokasi di Jl. Gajahmada, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

7. Museum Brawijaya

Baca Juga : Drama Korea Mouse, Sinopsis yang Mengupas Tuntas Teori Psikopat

                                                                     museum brawijaya (pinterest)

Museum Brawijaya merupakan museum tempat koleksi benda peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu berbagai kejadian di masa lalu. Seperti meriam, senapan, radar, baju perang, hingga alat komunikasi kuno.

Museum ini terletak di Jl. Ijen No.25 A, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Buka mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 3 sore.(MAN)

Editor: Radiyatun
    Bagikan  

Berita Terkait