6 Manfaat Daun Inai, ternyata banyak manfaatnya yang harus kalian ketahui!

Kesehatan —Senin, 11 Dec 2023 15:07
    Bagikan  
6 Manfaat Daun Inai, ternyata banyak manfaatnya yang harus kalian ketahui!
daun inai : Facebook RmhKosmetik

POSTMALANG-, Daun inai adalah daun yang bukan berasal dari Indonesia melainkan dari afrika timur dan asia barat, daun ini dikena; dengan daun pacar karena daun ini sering kali dijadikan pewarna kuku , sebetulnya dari bentuk daunnya sendiri tidak ada yang istimewa karena tampilannya mirip dengan daun-daun pada tanaman perdu lainnya.

Namun daun inai ternyata memiliki nama ilmiah yaitu Lawson Inermis L, dan daun ini mempunyai bentuk daun yang tegak dan bentuk yang agak meruncing di ujungnya. Dan di setiap sela-sela daunnya aka nada bunga kecil yang berwarna putih , dan bunga ini jugacukup wangi, bukan hanya bunga, namun tanaman ini juga membunyai buah yang sanat kecil berbentuk bulat atau pipih.

Dan inilah beberapa manfaat daun inai yang waji kalian ketahui ;

  1. Sebagai cat kuku

Seperti yang di ketahui sebelumnya bahwa daun ini di kenal sebagai pacar karna daun ini mengandung pewarna glukosid dan asid henotanik sehingga menimbulkan warna yang bisa kalian gunakan sebagai cat kuku secara alami karna akan mengeluarkan warna merah orange, dan daun ini juga aman tanpa bahan kimia, jika kalian ingin menggunakan daun ini untuk mewarnai rambut tentu saja bisa.

  1. Sebagai anti jamur

Bagi kaian yang mempunyai jamur pada kuku maka kalian bisa emngunakan daun ini unutk antu jamur, karena daun ini di percayai sebagai anti jamur pada kuku. Karena didalam daun ini terdapat senyawa antijamur sehingga dapat mengatasi bakteri dan jamur yang bermunculan pada kuku.


Baca juga: Yohanes Saut Marcellyno Juara Turnamen Guwahati Masters 2023

  1. Mengobati perut kembung

Daun inai ternyata dapat membantu mengatasi perut kembung di karenakan di dalam daun ini juga terdapat senyawa biokatif yang di sebut dengan lawaritol dan isoplumbagin di dalam kandungannya. Senyawa ini berperan aktif untuk bisa meredkan kembung pada perut, kalian hanya cukup mengkonsumsi ½ -1 gelas perharinya untuk mengatasi kembung, bukan hanya untuk mengtasi kembung namun inai juga dapat mencegah naiknya asam lambung pada tubuh.

  1. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Daun inai mampu membantu mencegah terjadinya beragam permasalahan pada rambut, beberapa di antaranya adalah ketombe, rambut gatal, dan rambut rontok.kalian cukup menumbuk kasasr daun inai, lalu kalian bisa mengoleskan nya pada kulit rambut lalu  biarkan sebentar seudah itu langsung kalian keramasi rambut. Hal ini dapat membuat rambut kalian menjadi berkilau dan sehat.

  1. Meredakan demam

Daun ini ternyata bisa meredakan demam di karenakan daun inai memang bisa menyerap hawa panas dari tubuh kita karena adanya kandungan phytol yang juga bisa meredakan rasa sakit .

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Banyak orang yang menggunakan daun ini untuk penyembuhan kuka karena daun inai yang mengandung antiinflamasi, antibekteri dan anti jamur bisa menjadi perpaduan yang tepat untuk menyemmbuhkan luka pada kulit , selain itu juga dapat mendinginkan dan menyerap hawa panas sehingga rasa sakit akibat luka bakar atau luka terbuka bisa di redakan atau di tenangkan.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun inai, namun masih banyak manfaat lainnya yang harus kalian ketahui.(EricaRF)

Baca juga: Resep Membuat Comboloni yang Lagi Viral di Media Sosial

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait