Cermati! Ini Dia 7 Tips Saat Jual Motor Bekas Agar Cepat Laku

News —Rabu, 15 Nov 2023 16:47
    Bagikan  
Cermati! Ini Dia 7 Tips Saat Jual Motor Bekas Agar Cepat Laku
unsplash/tron le

POSTMALANG-, Berkat perkembangan teknologi, sebernanya proses penjualan motor kini dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai platform online. Artinya, Anda tidak harus bertahap muka langsung dengan calon pembeli.

Namun selain itu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan yang dibutuhkan agar bisa memikat calon pembeli dengan cepat.

Berikut sebagai panduan agar proses penjualannya cepat laku mengutip dari berbagai sumber.

 

  • Cek dan Perbaikan Kondisi Motor

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi motor secara menyeluruh. Jadi, pemeriksaan ini harus mencakup baik sisi mesin maupun tampilan eksterior motor.

Sebab kualitas mesin yang baik dan tampilan motor yang terawat akan mempengaruhi harga jual motor Anda.

Selain itu, dengan memastikan kondisinya baik, Anda dapat menghindari komplain dari calon pembeli setelah penjualan.

Jadi sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel untuk diperiksa secara keseluruhan. Jika ditemukan kerusakan, tidak ada salahnya untuk memperbaiki terlebih dahulu.

Pastikan juga bahwa tampilan motor sesuai dengan yang tertera pada STNK.

 

Baca juga: Resep Membuat Es Krim Mangga yang Segar di Nikmati Siang Hari

  • Jual dengan Harga Sedikit di Bawah Harga Pasaran

Sebelum menentukan harga jual motor bekas Anda, melakukan survei harga pasaran saat ini adalah langkah penting. Pastikan Anda telah memenuhi harga jenis motor pada waktu tersebut, termasuk dari segi merk, tahun keluaran, dan kondisi motor.

Selain itu, perhatikan juga perbedaan harga berdasarkan daerah, karena biasanya harga kendaraan bisa berbeda-beda antar kota. Anda dapat melakukan survei harga ini secara online untuk memudahkan.

Kemudian setelah mengetahui harga pasarannya, akan lebih baik untuk memberikan harga sedikit di bawah harga pasar, misalnya sekitar Rp.100 ribu atau Rp50 ribu lebih murah. Harga yang lebih murah biasanya akan lebih cepat menarik perhatian orang.

 

  • Pastikan Kelengkapan Dokumen dan Surat-Surat

Kelengkapan dokumen kendaraan juga merupakan faktor penting dalam menentukan harga jual motor second. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua dokumen utama seperti BPKB dan STNK dalam kondisi lengkap dan masih berlaku.

Pasalnya, motor bekas yang tidak dilengkapi dengan berbagai dokumen ini dapat dianggap sebagai motor curian. Sangat jarang calon pembeli yang bersedia membeli motor tanpa dokumen lengkap.

Sebab, hal ini dapat menjadi masalah dalam proses pengurusan pajak nanti. Jadi, pastikan juga Anda rutin membayar pajak tahunan tepat waktu untuk menjaga harga jual motor tetap baik dan membuktikan legalitasnya kepada calon pembeli.

 

  • Pilih Platform Penjualan yang Tepat

Memilih platform jual motor bekas yang tepat adalah kunci utama agar motor Anda lekas terjual. Saat ini, ada berbagai media yang dapat dimanfaatkan. Pertama, Anda dapat menjual motor langsung ke dealer atau ke showroom motor bekas.

Meskipun ini mungkin adalah alternatif cara paling cepat, harga jual di dealer biasanya lebih rendah dibandingkan Anda menjual sendiri. Jadi, pilihan kedua adalah dengan memasang iklan di surat kabar.

Namun, cara ini bisa menjadi kurang efektif karena semakin sedikit orang yang rutin membaca koran. Oleh karena itu, alternatif terakhir adalah dengan memanfaatkan internet untuk mencari calon pembeli.

Anda bisa berjualan langsung di marketplace barang bekas maupun di media sosial untuk mencapai pasar yang lebih luas. Jangan lupa juga untuk memberi tahu keluarga, teman, atau komunitas, siapa tahu dari mereka ada yang tertarik untuk membeli.

 

  • Siapkan Visual Terbaik untuk Iklan

Setelah memeriksa dan memperbaiki kondisi motor untuk memastikan semuanya masih sesuai standar, saatnya memasang iklan penjualan. Namun untuk memasang iklan, visual adalah kunci utama dalam menarik calon pembeli.

Jadi, pastikan foto atau video yang digunakan dalam iklan jual motor bekas tersebut bisa menampilkan motor Anda dalam kondisi terbaik.

Jangan khawatir saat ini, dengan teknologi yang ada, mengambil foto yang menarik sudah lebih mudah.

Cukup gunakan smartphone Anda untuk mengambil gambar. Pastikan foto tersebut dapat menunjukkan semua detail motor dari berbagai sudut, termasuk bagian depan, samping, dan belakang. Jika ada modifikasi khusus, tambahkan juga foto detailnya.

 

  • Pasang Iklan di Waktu yang Tepat

Tidak hanya harga motor yang perlu Anda perhatikan, tapi juga waktu yang tepat untuk menjualnya. Pasalnya, harga jual motor second dapat naik atau turun tergantung pada tren dan kondisi ekonomi pada waktu tertentu.

Jadi, Anda perlu mencari tahu tren harga motor beberapa bulan atau minggu terakhir sebelum mulai menjual.

Namun, jangan sampai menunda terlalu lama untuk menjual, karena harga barang bekas cenderung berkurang seiring berjalannya waktu.

 

  • Bertransaksi dengan Hati-Hati

Tips terakhir, ketika ingin bertransaksi, pastikan untuk bertemu calon pembeli di tempat yang ramai seperti lapangan atau area terbuka lainnya.

Hal ini penting untuk diperhatikan jika mengingat betapa banyaknya jumlah modus kejahatan dan penipuan.

Jika memungkinkan, pilihlah tempat pertemuan yang familiar bagi Anda, misalnya di rumah sendiri atau di tempat umum yang biasa dikunjungi. Sebab, tidak ada salahnya untuk ekstra berhati-hati menghadapi berbagai kemungkinan buruk.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah 5 Penyebab Klakson Sepeda Motor Mati

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait