Wajib Tahu! Inilah 5 Penyebab Klakson Sepeda Motor Mati

Lifestyle —Rabu, 15 Nov 2023 16:34
    Bagikan  
Wajib Tahu! Inilah 5 Penyebab Klakson Sepeda Motor Mati
Ilustrasi sepeda motor. (Unsplash / Gjis Coolen)

POSTMALANG-, Klakson sangatlah penting sebagai mana kita mengetahui bahwa klakson adalah tanda peringatan ketika kita sedang berkendara ke kendaraan lain ataupun pejalan kaki. Tentu saja sangat bahaya jika kita mengendari kendaraan tanpa ada klakson.

memilih jika klakson kita mati sebaiknya kita perbaiki dan kalua bisa kita harus mengetahui apa saja yang menyebabkan penyebab klakson mati.

Inilah penyebab beberapa mengapa klakson bisa mati mengutip dari berbagai sumber.

 

  1. Munculnya karat pada sekitar saklar klakson

Kerak dan karat bisa saja muncul pada saklar klakson.

Karena sudah lama digunakan, kerusakan pada suara klakson merupakan hal yang wajar pada kendaraan karena itu termasuk dalam suku cadang yang harus dibersihkan secara rutin.

Dan jika terjadi karat maka hal itu akan menghalangi atau merusak arus listrik dan klakson pun tidak dapat digunakan atau tidak dapat berbunyi.

Baca juga: Katat! Inilah 4 Rekomendasi Film Terbaik Untuk Bulan November 2023

 

  1. Kontraktor logam mengalami kerusakan

Klakson itu membutuhkan komponen kontraktor logam yang akan menghubungkan arus listrik dc, hal ini juga sama seperti saklar klakson.

Komponen ini juga memiliki rasa pakai yang lama kelamaan mengalami kerusakan. Normalnya terjadi pada motor yang sudah tua dan ketika kotor bisa membuat klakson motor kadang berbunyi kadang tidak.

Saat klakson ditekan, maka akan muncul percikan api yang bisa menimbulkan kerak sehingga harus dibersihkan secara rutin. Kerak akan membuat arus yang masuk jadi terhambat.

 

  1. Putusnya kawan lilitan

Kawat lilitan dapat mengalami kerusakan seperti terkelupas bahkan bisa sampai putus, dan jika sampai kawat lilitan ini terkelupas sedikit saja maka bunyi dari klakson akan terbuka , dan jika suara klakson tiba-tiba hilang maka biasanya kawat lilitannya terputus, karena bisa juga akibat jarang di bersihkan kawat lilitan itu menjadi putus.

 

  1. Baut klakson kendor

Baut untuk mengatur klakson ini sebaiknya kalian cek terlebih dahulu ketika kalian akan pepergian atau pada saat kalian akan melakukan service rutinan.

Karena jika baud klakson kalian longgar maka kalian bisa diperbaiki sendiri dan nanti klakson kalian akan kembali normal.

Biasanya sering terjadi pada motor karena pemasangan baud pada klakson tidak terlalu kencang.

 

  1. Bermasalah pada motor aki

Jika masih tidak berbunyi sudah di lakukan dengan berbagai macam cara maka kalian bisa memeriksa aki motor kalian karena aki merupakan sistem tenaga listrik motor.

 

Itu dia beberapa penyebab klakson kalian tidak bisa menyala. (EricaRFeby)

Baca juga: Sejarah Awal Mula Konflik Palestina dan Israel Berperang Rebutan Wilayah

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait