Beberapa Amalan Di Hari Jumat!

Pendidikan —Jumat, 14 Oct 2022 14:49
    Bagikan  
 Beberapa Amalan Di Hari Jumat!
Amalan di Hari Jumat.* (FOTO: Pinterest)

POSTMALANG,- Bagi umat Islam, hari Jum’at adalah hari yang istimewa. Keistimewaan hari Jum’at sendiri ada di sebuah hadits yang berasal dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW yang isinya:

“Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Nabi Adam, dimasukannya ia ke surga, dan dikeluarkannya ia dari surga.” (HR Muslim).

Karena keistimewaan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah, selain mengerjakan ibadah wajib, yaitu Salat Jum’at. Melansir dari NU Online, dibeberapa riwayat dikisahkan bahwa Rasulullah SAW melakukan aktivitas tertentu di Hari Jum’at.  Ini dia amalan-amalan yang bisa dijalankan umat Islam di Hari Jum’at.

 Mandi Hari Jum’at

Sebelum berangkat ke masjid untuk Salat Jum’at, disunahkan untuk mandi. Hal ini disebutkan dalam hadits yang berasal dari Ibnu Umar. Rasulullah SAW Bersabda:

“Barangsiapa yang mendatangi sholat Jum’at naik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.” (HR Ibnu Hibban).

Memakai wewangian dan berpenampilan menarik

Hari Jum’at adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Di sebuah riwayat Ibnu Majah sebagaimana disebutkan dalam kitab Iqamat Ash-Shalat wa As-Sunnatu Fiha, dari Ibnu Abbas ra, Rasullullah SAW bersabda:

Baca juga: Ini Standar Kecantikan Wanita Zaman Dulu!

“Sesungguhnya hari ini (Jumat) adalah hari raya yang Allah peruntukan bagi umat Islam. Maka, barangsiapa yang hendak menuju sholat Jum’at hendaklah ia mandi, memakai wewangian jika ada dan gunakanlah siwak.” (HR Ibnu Majah dan At-Thabrani. Dihasankan Al-Albanu dalam Shahih Al-jami’).

Perbanyak salawat kepada Nabi Muhammad SAW

Sholawta merupakan amalan yang mulia. Di beberapa riwayat dikatakan bahwa sholawat adalah penolong yang baik di dunia maupun di akhirat. Rasulullah SAW bersabda di sebuah hadits:

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat. Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali,” (HR Baihaqi).

Membaca Surat Al-Kahfi

Salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca pada Hari Jumat adalah surat Al-Kahfi. Umat muslim yang membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat akan dinaungi cahaya diantara dua Jumat. Rasulullah SAW bersabda:

“Dari ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, ”Barang siapa yang membaca surat Al-kahfi pada hari Jumat. Maka tumbuhlah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat. (HR An-Nasa’I dan Baihaqi).

Bersedekah

Salah satu amalan sunah Jumat adalah bersedekah. Orang yang bersedekah akan mendapatkan balasan berkali lipat dari Allah SWT. Balasan ini tercatat di dalam QS Al Hadid ayat 18 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Ini Yang Bisa Anda Lakukan Jika Kenalpot Kemasukan Air


Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait