Bandung Lautan Api, Mencekamnya Bandung Ketika Dibakar!

Pendidikan —Selasa, 2 Jan 2024 16:35
    Bagikan  
Bandung Lautan Api, Mencekamnya Bandung Ketika Dibakar!
Peristiwa Bandung Lautan Api. (Arsip Nasional RI)

POSTMALANG-, Bandung adalah ibukota Jawa Barat, Bandung adalah kota yang terkenal indah. Bandung adalah kota yang sempat beberapa kali menjadi kandidat kuat untuk menjadi ibukota Indonesia.

Namun tahukah kamu bahwa dulu Kota Bandung pernah dibakar oleh orang Bandung sendiri? Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Maret 1946.

Kala itu Indonesia yang baru merdeka masih diselimuti bayang-bayang Belanda yang masih ingin merebut kembali Indonesia, peristiwa ini dikenal sebagai Agresi Militer Belanda.

Saat itu tentara Belanda yang kuat dengan dukungan senjata dan alat militer modern mendekati Kota Bandung.

Panglima Tertinggi AFNEI di Jakarta, Letnan Jenderal Montagu Stopford, memperingatkan kepada Soetan Sjahrir selaku Perdana Menteri Republik Indonesia agar militer Indonesia segera meninggalkan Bandung Selatan sampai radius 11 kilometer dari pusat kota.

Baca juga: Kisah Sedih Ira Nandha, Suami Kepergok Selingkuh Via Discord, 6 Kali Ketahuan, 4 Tahun Diam, Kini Buka Suara

Hanya pemerintah sipil, polisi, dan penduduk sipil yang diperbolehkan tinggal.

Menindaklanjuti ultimatum tersebut, pada 24 Maret 1946 pukul 10.00, Tentara Republik Indonesia (TRI) di bawah pimpinan Kolonel A.H. Nasution memutuskan untuk membumihanguskan Bandung.

Saat itu Bandung benar-benar mencekam, di mana Bandung laksana lautan api. Perisitiwa bersejarah itu kemudian dikenal sebagai peristiwa Bandung Lautan Api.  Peristiwa itu terjadi pada tanggal 23 Maret 1946.

Aksi bumi hangus di Bandung dipandang sebagai taktik yang dirasa paling ideal dalam situasi saat itu karena kekuatan pasukan Republik Indonesia tidak sebanding dengan kekuatan Sekutu dan NICA. (bisma)

Baca juga: Ramalan Zodiak 2 Januari 2024, Aries Banyak Minum Air, Gemini Percaya Proses, Cancer Perbanyak Silaturahmi

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait