Keberagaman Relatif Tinggi, Kebhinekaan yang Harmonis Harus Terus Hadir

News —Sabtu, 30 Apr 2022 19:50
    Bagikan  
Keberagaman Relatif Tinggi, Kebhinekaan yang Harmonis Harus Terus Hadir
Kampung Pancasila tunjukkan semangat kebhinekaan yang harmonis.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)

POSTMALANG (KOTA BEKASI),- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyempatkan meninjau indahnya toleransi yang ditunjukan warga Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Rabu (20/04/2022). Ia mengaku kagum dengan jalinan toleransi yang tinggi di kampung tersebut di tengah keberagaman khas budaya Indonesia.  Kampung Bali, begitu nama yang populer di masyarakat.

"Tadi mampir ke Kampung Bali. Saya kagum dengan keberagaman di Kota Bekasi yang menunjukkan toleransi luar biasa," kata Ridwan Kamil.

Menurut Kang Emil, ada dua kelebihan yang dimiliki Kampung Bali. Pertama, kampung yang berada di Jalan Merpati ini sangat rindang oleh banyaknya pepohonan. Kelebihan lainnya adalah hadirnya ekspresi budaya melalui bangunan hingga karya seni khas berbagai daerah dengan dibalut dengan nilai-nilai Pancasila. Maka tak heran wilayah itu juga dijuluki Kampung Pancasila.

Baca juga: Rencana Aksi Citarum Harum, Selesaikan Revitalisasi Kalimalang

Baca juga: Prediksi Puncak Arus Mudik Pada 29-30 April


Kang Emil berharap kampung toleransi ini bisa dicontoh oleh daerah lainnya di Jabar. Semangat kebhinekaan yang harmonis harus terus hadir di Jabar yang keberagamannya relatif tinggi.

"Mudah-mudahan menjadi contoh ke seluruh masyarakat Jabar. Mari bangun Jabar juara lahir batin dengan semangat kebhinekaan yang harmonis," imbau Kang Emil.* (Bersumber dari siaran pers / TISHA S. KANILAH)

Baca juga: Rencana Aksi Citarum Harum, Selesaikan Revitalisasi Kalimalang


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait