Kabupaten Kuningan Sukses Jadi Tuan Rumah Puncak Acara BUBOS 6, Tebar 1,4 Juta Paket Makanan Rantang Cinta

News —Kamis, 28 Apr 2022 10:45
    Bagikan  
Kabupaten Kuningan Sukses Jadi Tuan Rumah Puncak Acara BUBOS 6, Tebar 1,4 Juta Paket Makanan Rantang Cinta
Puncak acara Bubos 6 di Kabupaten Kuningan.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)


POSTMALANG (KAB. KUNINGAN),- Rangkaian acara Bulan Berbagi on The Street (BUBOS) 6 selama tiga minggu terakhir berhasil membagikan 1,4 juta paket makanan rantang cinta kepada warga yang membutuhkan.  Bukan hanya di Jawa Barat tapi juga warga di berbagai provinsi Indonesia. Sementara jumlah infak yang terkumpul mencapai Rp4,4 miliar berasal dari stakeholders pendukung acara serta para penyumbang dari masyarakat umum dan aparatur sipil negara (ASN).  Demikian diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat acara puncak sekaligus penutupan BUBOS 6 di Alun - alun Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/04/2022).

Kegiatan BUBOS 6 tidak hanya melibatkan 27 kabupaten/kota melainkan menggandeng enam provinsi yang ikut serta berkontribusi untuk berbagi kebaikan yakni Aceh, Sumatera Utara, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, dan Papua.

"Kita melaksanakan kegiatan berbagi dengan rekor Indonesia tapi belum tercatatkan, 1,4 juta paket kebaikan berupa rantang/paket makanan dibagikan oleh anak-anak sekolah dan anak-anak organisasi antara lain pramuka," ujar Ridwan Kamil usai menutup acara puncak BUBOS 6 di Taman Kota Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/04/22).

Sementara dana infak masal yang terkumpul mencapai Rp4,4 miliar dalam waktu tiga minggu.  Hal ini menunjukkan kepedulian warga Jabar yang tinggi kepada sesama. Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan pendukung mulai dari swasta,    komunitas, hingga pemda kabupaten/kota.

Ketua TP PKK Jawa Barat sekaligus pencetus acara BUBOS, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengungkapkan, infak masal disalurkan masing - masing untuk rumah yatim 19 persen, masyarakat sekitar sekolah 48 persen, pondok pesantren 6 persen, lembaga amil zakat 18 persen, dan untuk pembangunan masjid dan sekolah sebesar 9 persen. 

Sementara 150 ribu rantang cinta hingga hari penutupan masih berjalan di 32 kecamatan Kabupaten Kuningan. Untuk itu, Atalia mengapresiasi Pemda Kabupaten Kuningan yang tetap semangat menggerakkan seluruh sumber daya sampai hari terakhir BUBOS 6.

"Apresiasi luar biasa kepada Pemkab Kuningan.  Alhamdulillah ketika gelombang kebaikan ini digulirkan tidak saja satu wilayah di tempat ini (Alun-alun Kuningan) tapi ada 32 kecamatan saat ini juga sedang bergulir," ujarnya.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengaku bersedia menjadi tuan rumah kegiatan lain yang menyangkut nama baik Jabar.

"Apalagi Kuningan sebagai etalase pintu masuknya Jabar harus dipercantik," pungkasnya.

Baca juga: BIAN 2022 Akan Dilaksanakan di Bulan Mei

Antisipasi Kerumunan

Puncak kegiatan Bulan Suci Berbagi On The Street atau BUBOS6 dilaksanakan di tiga lokasi di Kabupaten Kuningan. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kepadatan warga Kuningan yang antusias menyambut kegiatan BUBOS6. Demikian dikatakan Atalia Praratya Ridwan Kamil selaku Ketua Umum BUBOS dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Halaman Museum Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (19/04/2022).

Pemda Kabupaten Kuningan menyediakan tiga lokasi (Alun-alun/Taman Kota Kuningan, Masjid Syahrul Islam, dan Kawasan Kantor Pemkab Kuningan). Tak hanya itu, tiap kecamatan pun akan menggelar kegiatan pendukung terkait BUBOS6.

Adapun rangkaian kegiatannya yakni membagikan rantang cinta dan tebar sembako oleh anggota pramuka dan guru pada 20 - 22 April 2022. Pada tahun ini, BUBOS6 mengusung tema berbagi dengan keragaman budaya. Para pelaku acara yang mewakili dari tiap wilayah akan menggunakan pakaian muslim dengan motif khas daerahnya.

Atalia menuturkan, berbagi kebaikan kepada semua harus terus dilakukan. "Sebuah kegiatan yang baik tidak boleh berhenti. Sehingga pada tahun 2022 BUBOS harus terus berjalan dengan segala adaptasinya. Digitalisasi pun harus dilibatkan, tahun ini kita libatkan 1 juta peserta seluruh Jawa Barat," katanya.

"Tidak boleh ada masyarakat yang bersedih dalam bulan suci ini.  Tidak boleh ada masyarakat yang tidak memiliki makanan untuk berbuka, untuk sahur. Mari kita lakukan gerakan kebaikan ini secara bergelombang secara masal agar masyarakat mendapatkan manfaat secara maksimal," imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar menuturkan akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik dalam kegiatan BUBOS6. 

"Kami merasa tersanjung, insyaallah ketika Kuningan diputuskan sebagai tuan rumah kita akan berusaha semaksimal mungkin menjadi tuan rumah yang baik," ucap Dian.

Menurut Dian, Pemda Kabupaten Kuningan telah melakukan upaya-upaya untuk mengurangi kepadatan warganya di satu lokasi. Oleh karena itu, ia melibatkan 32 kecamatan di Kuningan untuk menggelar kegiatan yang mendukung BUBOS6 dengan tetap disiplin protokol kesehatan.

Kegiatan BUBOS6 juga akan diiringi oleh pasar murah, vaksinasi booster, dan juga pentas seni religi angklung. Sementara dari kepesertaan, Sekda melaporkan akan ada 12.500 ASN yang akan terlibat dalam gerakan berbagi.

Baca juga: Lebih Menyeramkan, “Pengabdi Setan 2: Communion”

Melibatkan Warga Asal Jabar di Enam Provinsi Lain

Bulan Suci Berbagi On The Street (BUBOS) 2022 atau BUBOS 6 dikemas dengan cara berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya. BUBOS 6 akan melibatkan peserta lebih banyak yakni warga asal Jabar yang tinggal di enam provinsi lain. Hal ini sejalan dengan cita - cita menjadikan BUBOS sebagai acara rutin di seluruh Indonesia tiap Ramadan. 

Menurut Ketua Pelaksana BUBOS 6 dr. Siska Gerfianti, BUBOS 6 juga melibatkan warga asal Jawa Barat yang berada di enam provinsi lain.

"Tahun ini kebaruannya adalah keterlibatan warga asal Jabar yang berada di provinsi lain yang akan ikut serta dalam puncak BUBOS tanggal 23 April. Ini bisa terlaksana berkat kerja sama dengan Paguyuban Pasundan," katanya, dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Selasa (19/04/2022)

Selain itu menurut Doksis - sapaan akrab dokter Siska - keragaman budaya Jawa Barat juga akan menghiasi nuansa BUBOS 6 kali ini.  Hal itu selaras dengan tema BUBOS 6 yaitu 'Bergaya' kependekan dari Berbagi Dalam Keragaman Budaya.

Sekda Kabupaten Kuningan Dian Rahmat Yanuar yang hadir dalam acara Japri menyebutkan kebahagiaannya Kuningan dijadikan tuan rumah BUBOS 6 tahun ini.

"Kami bangga dan bahagia, maka kami sekuat tenaga akan menjadi tuan rumah yang baik. Sekaligus kesempatan ini sebagai promosi budaya dan pariwisata Kuningan yang kami canangkan sebagai Kota Angklung," ujar Dian.

Atalia Praratya sendiri menargetkan BUBOS 6 diikuti peserta lebih dari 1 juta peserta dari 27 kabupaten/kota dan warga asal Jabar di enam provinsi.

BUBOS sendiri merupakan kegiatan berbagi di momen bulan puasa yang digagas oleh Atalia Ridwan Kamil saat menjabat sebagai Ketua TP PKK Kota Bandung yang kemudian dikolaborasikan dengan unsur pentahelix. Awalnya bernama Buka Bersama On The Street, lalu karena pandemi berubah menjadi Buka Bersama On The Screen, dan sekarang menjadi Bulan Suci Berbagi On The Street.

 

Baca juga: Segera Tayang di Bulan Mei, Saksikan Film Horor “The Doll 3”

Pangandaran Jadi Tuan Rumah KOAS dan KABAH Perdana

Menuju puncak BUBOS 2022, panitia pelaksana menggelar rangkaian kegiatan Kontes Juara Anak Soleh (KOAS) dan Buka Berkah (KABAH) di tiga daerah yaitu di Kabupaten Pangandaran pada Senin 11 April 2022, Kabupaten Karawang pada 13 April 2022 dan Kota Bandung 14 April 2022.

Pada KOAS, panitia BUBOS menggelar tiga lomba yaitu lomba azan, dai cilik dan tahfizh juz 30 untuk anak-anak di tiga wilayah tersebut.  Masing-masing daerah mencakup sembilan kota dan kabupaten. Seperti Pangandaran yang menjadi tuan rumah bagi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, dan Kota Tasikmalaya. Sisanya dibagi ke dua wilayah yaitu Karawang dan Kota Bandung.

Untuk KABAH, pelaksanaannya sama dengan KOAS pada hari yang sama. Kegiatannya yaitu mengunjungi keluarga prasejahtera sekitar Mesjid Agung Kota/Kabupaten setempat dengan membawa rantang cinta berisi makanan untuk berbuka, sembako, dan bingkisan lain juga pemeriksaan kesehatan oleh dokter.

Tak hanya itu, pada rangkaian BUBOS 2022 digelar bersih-bersih masjid agung di tiga tempat tersebut.

Ketua Pelaksana BUBOS 2022 dr. Siska Gerfianti mengatakan, pihaknya melaksanakan rangkaian pertama di Kabupaten Pangandaran dengan menggelar KOAS dan KABAH dan juga bersih-bersih Masjid Al-Istiqomah  yang akan dibantu oleh Jabar Bergerak, PKK dan sponsor.* (Bersumber dari siaran pers / TISHA S KANILAH)

 

Baca juga: Nonton Kelanjutan Drama Korea “Soundtrack No 1” Episode 3 Subtitle Indonesia

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait