Inilah 5 Skincare Ini Tidak Boleh Dicampur dengan Retinol

Lifestyle —Rabu, 13 Dec 2023 21:13
    Bagikan  
Inilah 5 Skincare Ini Tidak Boleh Dicampur dengan Retinol
pinterest : Katie

POSTMALANG-, Diketahui bahwa retinol merupakan sang primadona di dunia skincare. Hal ini mampu mengatasi berebagai macam masalah kulit, mulai dari kerutan pada wajah hingga hiperpigmentasi.

Namun harus kalian ketahui bahwa klain tidak boleh sembarangan asal pakai produk perawatan wajah, karena ada beberapa skincare yang tidak boleh di gunakan atau di campurkan dengan retinol, hal ini dapat merusak kulit wajah kalian.

Menggunakan retinol tentu saja sangat bagus namun kekuatan ini dapar menjadi boomerang jika kalian mencampurkan kandungan ini dengan yang tidak tepat.

Karena jika kalian mengkombinasikan skincare yang bersebrangan akan berakhir menjadi drama yang panjang pada wajah kalian.

Maka dari itu wajib untuk kalian harus mengetahui berbagai kandungan skincare yang tidak boleh di campur dengan retinol.

Sebaiknya kalian coba untuk mengetahui kandungan yang terdapat pada skincare kalian yang biasa kalian gunakan apakah boleh di campurkan dengan retinol atau tidak, dan inilah beberapa ragam kandungan skincare yang tidak boleh kalian campurkan dengan retinol:

 

  1. Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA)

AHA dan BHA ini bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit mati dan ini juga sama-sama eksfoliator.

Namun jika kalian menggabungkannya dengan retinol maka akan mempercepat generasi kulit, hal ini bisa menyebabkan kulit kalian menjadi tipis, kering, dan mungkin akan rentan dengan iritasi.

Namun sebetulnya AHA dan BHA bisa menjadi teman baik retinol , namun kalian jangan sampai memakai pada waktu yang bersamaan, jika kalian ingin menggunakan kedua produk ini sebaiknya kalian menggunakannya dengan waktu yang bergiliran.

 

  1. Vitamin C

Retinol bekerja untuk mengoptimalkan pada pH rendah, sedangkan vit C menyukai pH asam, maka dari itu jika kalian mencampurkannya maka hal itu dapat mengurangi efektivitas dan memicu ketidakstabilan.

Betul memang keduanya adalah sama-sama antioksidan, namun dengan perbedaan pH membuat Vit C dan Retinol tidak dapat berdampingan.

Baca juga: Resep Makanan, Ini Dia Cara Simple Membuat Roll Cake

  1. Salicylic Acid

Jangan pernah kalian mencampurkan retinol dengan salicylic acid karena ha ini akan berisiko membuat kulit menjadi iritasi dan kering.

Ini mirip dengan BHA salicylic acid juga bekerja dengan cara eksofoliasi, manun sebaiknya kalian tidak mengguanakan nya secara berbarengan, kalian bisa memilih produk persentase salicylic acid yang rendah, maka dari itu kalian bisa menggunakannya secara bergantian.

 

  1. Niacinamide

Banyak sekali yang mengira bahwa niacinamide dengan retinol di satukan akan aman, namun meskipun aman niacinamide ini dapat menurunkan efektivitas retinol, terutama pada persentase yang sangat tinggi.

Maka dari itu sebaiknya skincare dengan kandingan niacinamide tidak di campur dengan retinol.

 

  1. Benzoyl Peroxide

Skincare ini tidak boleh dicampur dengan retinol karena hal ini bisa menyebabkan kulit kering, mengelupas, dan akan terasa terbakar.

Karena benzoyl peroxide ini jago melawan jerawat namun bisa berinteraksi negative dengan retinol, maka sebaiknya kalian hindari penggunaan ini secara bersamaan.

Itulah beberapa skincare yang sebaiknya kalian hindari dengan dicampuri retinol, sayangi kulit wajah kalian dan jauhkan kulit kalian dengan drama yang berkepanjangan. (EricaRF)

 

Baca juga: Pegipegi Resmi Pamit Setelah 12 Tahun Beroperasi

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait