Inilah 5 Cara Menghadapi Orang yang Sedang Berusaha Memanipulasi Kalian

Lifestyle —Jumat, 17 Nov 2023 14:59
    Bagikan  
Inilah 5 Cara Menghadapi Orang yang Sedang Berusaha Memanipulasi Kalian
pinterest ; Yaya

POSTMALANG-, Manipulasi adalah cara yang dilakukan oleh seseorang (manipulator) biasanya untuk menyerang atau mempengaruhi emosi dan mental orang lain. Hal itu bisa membuat untuk mengendalikan orang lain dan mendapatkan apa yang ia inginkan.

Maka dari itu istilah manipulasi sendiri banyak sekali yang memandangnya negatif.

Ada beberapa cara yang bisa kalian hadapi jika kalian sedang menghadapi orang yang sedang memanipulasi kalian. Simak penjelasannya dibawah.

 

  • Jaga karak emosional

Kalian harus menjaga pelepasan emosi kalian karena manipulator sering kali mencar reaksi dan kendali emosional.

Hal ini bisa kamu dapat untuk mengurangi pengaruhnya, sebaiknya kalian memulai latihan pengaturan diri emosional dan tanggapi nya dengan tenang.

Hal itu bisa mengagalkan upaya mereka untuk memanipulasi perasaan kalian.

 

  • Tetapkan batasan

Kalian harus mencoba menetapkan batasan dan komunikasi ysng jelas. Karena manipulator mengeksploitasi kelemahan dan menentukan batasan akan membantu kalian untuk mencegah taktik manipulatif mereka dan hal itu akan melindungi kesejahteraan emosional kalian.

Baca juga: 4 Cara Unik Agar Rambut Kalian Bisa Ikal dengan Memakai Kaus Kaki

 

  • Mendengarkan secara aktif

Kalian bisa menunjukkan bahwa kalian memahami sudut pandang manulatif karena itu kalian dapat meredakan ketegangan.

Karena mendengarkan dan memvalidasi kekhawatiran si manipulator secara aktif maka dapat mencakup mereka sampai batas yang tertentu.

 

  • Mencari dukungan

Jika kalian bermimpi dengan orang manipulatif dan hal itu berat untuk kalian. Maka sebaiknya kalian mempertimbangkan untuk mencari dukungan dan teman yang bisa kalian percaya, keluarga, atau terapis. karena hal itu harus dilakukan karena jika kalian memiliki dukungan jaringan halus maka hal itu dapt memberi kalian validasi emosional dan panduan tentang cara menangani tersebut.

 

  • Lebih banyak pengetahuan

Jika kalian memiliki banyak pengetahuan maka kalian akan memahami manipulasi karena seperti rasa salah teknik atau gaslighting.

Dapat membantu kalian untuk mengenalinya pada saat itu juga.Jika kalian memiliki pengetahuan maka hal itu memungkinkan kalian untuk merespons secara rasional dan percaya diri.

Nah jika kalian memahami orang yang ingin bertindak untuk memanipulasi kalian, maka kalian perlu menghindar untuk mencari cara terbaik agar kalian bisa menghadapi mereka. (EricaRFeby)

Baca juga: Timnas Indonesia Dibantai Irak 1-5, Akun Instagram Marc Klok Digruduk Netizen

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait