Berkunjung ke Malang Mesti Cicipi Mendol

Kuliner —Rabu, 7 Sep 2022 12:57
    Bagikan  
Berkunjung ke Malang Mesti Cicipi Mendol
Mendol, Camilan Khas Malang.*(FOTO: Pinterest)

POSTMALANG,- Jika liburan ke Malang, perlu mencicipi gorengan khas yang bernama 'mendol' ini.  Mendol merupakan olahan tempe, akan tetapi memiliki bentuk yang berbeda tidak seperti olahan tempe lainnya yang berbentuk kotak.

Arti nama mendol sendiri adalah kepal dan menggambarkan bentuk dari sajian ini. Hidangan ini dibuat dengan cara mengepalkan adonan sampai adoan padat lalu digoreng di dalam minyak yang panas.  Mendol memiliki bentuk seperti telur dan menggunakan bahan tempe yang sudah agak basi atau disebut juga dengan tempe bosok.

Cara membuatnya, yaitu dari tempe bosok tadi lalu diremukan, dicampur dengan bumbu kemudian dikepal-kepal hingga bentuk lonjong lalu dimasukan kedalam minyak panas dan goreng hingga matang.  Dari cara pengolahannya hampir mirip saat membuat perkedel dari kentang yang merupakan olahan dari jaman penjajahan kolonial Belanda dulu.

Baca juga: Taman Langit Gunung Banyak, Wisata Kekinian dengan Banyak Spot Foto

Konon katanya juga mendol ini juga sudah ada sejak jaman itu karena Kota Malang juga sempat menjadi tempat tinggal bagi para kolonial.  Jadi camilan ini bisa disebut warisan dari orang Belanda

Panganan yang satu ini biasa disajikan sebagai pendamping saat makan pecel atau rawon.  Tetapi dinikmati sebagai cemilan pagi, siang dan malam juga tidak masalah, karena rasanya yang nikmat gurih sedap.  Selain itu juga cocok dicocol dengan sambal atau saus sachet yang ada di warung, sambil menyeruput teh atau kopi hangat pasti lebih nikmat.

Pokok e kalau ke Malang mesti mencicipi si Mendol ini yo rek!* (RENALDI)

Baca juga: Banyu Anjlok, Pantai dengan Air Terjun Ini Ada di Malang

 

 

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait