Waspada Gigitan Nyamuk yang Bisa Menyebabkan Malaria, Begini Cara Melindungi Diri

Kesehatan —Senin, 6 Nov 2023 15:11
    Bagikan  
Waspada Gigitan Nyamuk yang Bisa Menyebabkan Malaria, Begini Cara Melindungi Diri
pinterest/Zelena

POSTMALANG-, Malaria merupakan penyakit yang menular akibat parasite yang tertular dari gigitan nyamuk anopheles.

Penyakit ini dapat menyeabkan gejala seperti demam tinggi, mual dan sakit kepala, maka dari itu jika kalian merasakan hal ini maka sebaiknya kalian segera harus mendapatkan pengobatan.

Penyakit ini biasanya terjadi di beberapa negara tropis, dan tentu saja ppenyakit ini termasuk kedalam ifeksi menular yang pasti akan mengancam jiwa, biasanya yang rentan terkena penyakit ini adalah bayi, anak dibawah 5 tahun, wanita hamil, pelancong danorang biasanya dengan HIV atau AIDS akan terkena infeksi lebih parah.

Ada beberapa cara untuk mencegah gigitan nyamuk dan melindungi diri dari infeksi penyakit ini :

  1. Gunakan kelambu saat tidur

Kelambu ini merupakan salah satu cara yang terbaik agar kalian terhindar dari gigitaan nyamuk. Pastikan kelambu yang kalian pakai adalah kelambu yang telah diimpregnasi dengan insektisida untuk meningkatkan keefektifannya. Kalian juga bisa menggunakan repellent nyamuk dalam bentuk lotion, atau semprotan.

  1. Memakai pakaian yang tepat

Sebaiknya kalian menggunakan pakaian yang tepat untuk menutupi bagian anggota tubuh pada saat diluar ruangan dan pada saat senja dan malam hari.

 

Baca juga: 6 Cara Memperbaiki Motor Matic Kurang Bertenaga yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Sebaiknya mulai dari sekarang kalian harus manjaga lingkungan kalian agar tetap bersih dan hindari genangan air dan limbah organik.

Karena itu akan menjadi tempat berkembahng biak mereka dan hal itu juga agar bisa mengurangi jumlah nyamuk di lingkungan sekitar.

  1. Gunakan jasa pengendalian hama

Malaria ini masih menjadi penyakit yang bisa membuat kesehatan menurun dan penyakit yang serius di seluruh dunia terutama di daerah tropis maka dari itu kalian harus melakukan tindakan pencegahan agar hal ini tidak terjadi.

Sebaliknya kalian menggunakan jasa pengendalian hama professional untuk mengatasi hal ini jika kalian memiliki masalah dengan populasi nyamuk.

Itulah beberapa cara untuk mencegah dari gigitan nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria, maka dari itu sedia payung sebelum hujan, maka kita akan bisa lebih menjaga diri kita sendiri, keluarga bahkan orang tercinta kita. (EricaRFeby)

Baca juga: Mengejutkan! Inilah 3 Negara yang Tidak Memiliki Bandara

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait