Yamaha Neo dan EO1, Motor Listrik Unik dan Futuristik

Hiburan —Kamis, 24 Mar 2022 14:11
    Bagikan  
Yamaha Neo dan EO1, Motor Listrik Unik dan Futuristik
Motor Listrik Yamaha NEO yang baru rilis dan dipasarkan di Eropa.* (FOTO: Tangkapan Layar Channel Youtube Yamaha Motor Europe)

POSTMALANG,- Yamaha kini mulai mengeluarkan produk motor listrik.  Yang pertama adalah Yamaha NEO dan kedua adalah Yamaha E01.  NEO merupakan skuter listrik yang berkapasitas kecil yaitu sekitar 50cc, sedangkan EO1 merupakan skuter yang setara 125cc. 

Yamaha NEO

Motor Listrik Yamaha NEO yang baru rilis dan dipasarkan di Eropa.* (FOTO: Tangkapan Layar Channel Youtube Yamaha Motor Europe)

Motor Listrik yang diberi nama Yamaha Neo ini memiliki bentuk unik yang minimalis namun tetap futuristik.  Terlihat kesan retro dari bagian yang agak membulat di beberapa bagian motornya.  Dimensi yang minimalis, membuatnya cocok untuk digunakan sehari-hari di area perkotaan.

Baca juga: Sinopsis dan Link Nonton “Jakarta vs Everybody”

Dua buah headlamp LED yang dipasang di bagian depan seperti sepasang mata, kemudian untuk lampu bagian belakangnya juga unik.  Biasanya lampu belakang pada motor itu dipasang dan terhubung dengan bagian bodi motor, tapi Neo ini memiliki desain yang berbeda yang lampunya seperti menyatu dengan bagian spakbor belakang.

Yamaha menyamakan skuter listrik ini dengan kendaraan mesin 50cc atau dibekali dengan motor listrik 2,25kW dan baterai lithium-ion 50.4V 19.2 Ah.  Berat baterai nya 8 kg dan kapasitas nya 1 kWh.

Setiap motor listrik Neo, Yamaha sudah melengkapinya dengan pengisi daya portabel yang bisa dicolokan langsung ke stop kontak listrik di rumah.  Motor ini membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mengisi dari 0-100.

Dengan satu paket baterai, Yamaha Neo bisa menjangkau jarak 37 Km.  Namun jika menggunakan dua baterai, bisa menempuh jarak hingga 68 Km.  Paket baterai itu terletak di bawah jok.  Selain itu ada penyimpanan bagasi seluas 27 liter yang bisa menampung helm half face.

Yamaha Neo ini bisa dikendarai dengan dua mode. Mode yang pertama yaitu STD yang bisa mencapai kecepatan 40 km/jam tapi output daya yang dikeluarkannya tinggi yaitu 2,06kW.

Sedangkan mode kedua yaitu ECO, yang membuatnya mengurangi daya keluarannya menjadi 1,58kW tapi mengurangi kecepatannya menjadi 30 km/jam.

Lanjut ke fitur, dengan panel instrumen LCD, skuter listrik ini sudah bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi My Ride.  Aplikasi itu bisa memberikan informasi soal motor. Kuncinya sudah keyless.  Rem sudah menggunakan rem cakram pada bagian depan dan belakang.  Velg ukuran 13 inci dengan ban depan ukuran 110 dan belakang 130. Motor ini mempunyai dua pilihan warna yaitu milky pearl yang manis dan midnight black yang gagah.

Baca juga: iHeart Award 2022, BTS Raih Best Music Video

Yamaha EO1

Motor Listrik Yamaha EO1.* (FOTO: Tangkapan Layar Channel Youtube ヤマハ発動機公式チャンネル / Yamaha Motor Official Channel)

Yamaha EO1 termasuk yang menarik perhatian, dari bentuk dan desain bodi sekilas terlihat mirip Nmax.  Namun jika diperhatikan lebih lanjut, motor EO1 memiliki bentuk unik dan futuristik, dengan lampu depan yang terletak di bawah bodi depan.

Lalu diatasnya terlihat tulisan Yamaha yang bisa dibuka.  Selain itu, terdapat port untuk mengisi daya dan ada windscreen yang menambah keren penampilannya.

Ukuran Yamaha EO1 ini memiliki panjang 1.960 mm, lebar 810 mm dan tinggi 1.190 mm. Motor ini memiliki tenaga 8,1kW dengan torsi 30Nm dan bisa menempuh 104 km dalam satu kali pengisian daya.

Jika mengisi daya menggunakan pengisi daya cepat membutuhkan waktu satu jam saja dari baterai dalam kondisi 0-90 persen. Tapi jika menggunakan pengisi daya normal membutuhkan waktu sekitar 5 jam dari 0-100 persen.  Namun, jika menggunakan pengisi daya portable, waktu yang dibutuhkan sekitar 14 jam.

Skutik Yamaha EO1 belum diproduksi secara masal dan baru akan diujicoba di beberapa negara Asia termasuk Indonesia pada Juli 2022 nanti.  Sayangnya, belum ada bocoran soal perkiraan harganya, kita tunggu saja.* (RENALDI)

Baca juga: Konferensi Pers, Red Velvet Rayakan Comeback

Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait